HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN AKSEPTOR KB SUNTIK DENGAN KETEPATAN WAKTU SUNTIK KB DI BPS KHANIFAH PERIODE JANUARI – DESEMBER 2017

Krisdiana, Riffany (2018) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN AKSEPTOR KB SUNTIK DENGAN KETEPATAN WAKTU SUNTIK KB DI BPS KHANIFAH PERIODE JANUARI – DESEMBER 2017. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
TOP.pdf

Download (316kB)
[img] Text
1.pdf

Download (328kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
6.pdf

Download (6kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (168kB)
[img] Text
END.pdf

Download (436kB)

Abstract

Menurut World Population Data Sheet 2013, Indonesia merupakan negara ke-5 didunia dengan estimasi jumlah penduduk terbanyak. Oleh karena itu masalah penduduk dapat diatasi salah satunya dengan KB (Keluarga Berencana), karena KB merupakan cara untuk mengatur jumlah anak.Jenis kontrasepsi yang banyak dipakai yaitu kontrasepsi jenis hormonal karena kerjanya efektif, relatif murah, aman, sederhana, efektif dan dapat dipakai pasca persalinan. Kontrasepsi hormonal ada 3 yaitu pil, suntik dan implan.Saat inikontrasepsi suntik memiliki efektivitas paling baik,asal penyuntikannya teratur dan tepat sesuai jadwal waktu suntik.Ketepatan melakukan suntik ulang merupakan sikap kepatuhan akseptor. Apabila penyuntikan tidak tepat waktuakan mengurangi efektivitas kontrasepsi tersebut seperti kegagalan kontrasepsi suntik. Faktor yang mempengaruhi ketepatan waktu suntik yaitu sikap, perilaku dan pengetahuan akseptor tentang KB.Oleh karena itu faktor kegagalan dari metode kontrasepsi suntik dapat disebabkan keterlambatan akseptor dalam melakukan penyuntikan ulang.Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan akseptor KB suntik dengan ketepatan waktu suntik ulang.Merupakan penelitian korelasional , pendekatan cross sectional, sampel penelitiannya semua ibu yang menjadi akseptor KB suntik di BPS Khanifah dan memenuhi kriteria inklusi.Teknik sampling consecutive non random sampling dengan pengambilannya secara acak sebanyak 58 orang.Data dianalisis dengan Chi -Square.Hasil penelitian menunjukan sebagian besar responden berpengetahuan baik dan tepat waktu sebanyak 18 (31,0%) sedangkan tidak tepat waktu sebanyak 10 (17,2%). Terdapat hubungan bermakna antara pengetahuan dengan ketepatan waktu suntik ulang. Secara statistik terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan dengan ketepatan akseptor KB suntik (p = 0,032) dan nilai PR 1,48.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ernawati
Uncontrolled Keywords: KB(Keluarga Berencana), pengetahuan, ketepatan.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 28 Apr 2021 01:41
Last Modified: 28 Apr 2021 01:41
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/16475

Actions (login required)

View Item View Item