PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BUAH MAJA (AEGLE MARMELOS (L.)) TERHADAP KADAR MARKER MALONDIALDEHID PADA ORGAN OTAK TIKUS SPRAGUE DAWLEY YANG DIINDUKSI HIPOKSIA

Putri, Cindy (2018) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BUAH MAJA (AEGLE MARMELOS (L.)) TERHADAP KADAR MARKER MALONDIALDEHID PADA ORGAN OTAK TIKUS SPRAGUE DAWLEY YANG DIINDUKSI HIPOKSIA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
top.pdf

Download (572kB)
[img] Text
1.pdf

Download (23kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (862kB)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
6.pdf

Download (236kB)
[img] Text
dapus.pdf

Download (147kB)
[img] Text
end.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengaruh Pemberian Ekstrak Buah Maja (Aegle marmelos (L.)) terhadap Kadar Marker Malondialdehid pada Organ Otak Tikus Sprague Dawley yang Diinduksi Hipoksia Otak adalah pusat pengaturan segala aktivitas tubuh, sehingga sangat rentan jika terjadi kekurangan oksigen. Berkurangnya oksigen dapat meningkatkan ROS sehingga menyebabkan stres oksidatif yang mencetuskan terjadinya peroksidasi lipid (marker MDA). Kerusakan otak akibat stres oksidatif dapat menyebabkan penyakit seperti Alzheimer, sehingga dibutuhkan antioksidan seperti dari buah Maja (Aegle marmelos). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak buah Maja terhadap kadar MDA otak dan darah tikus Sprague Dawley yang diinduksi hipoksia. Dilakukan pemeriksaan invivo menggunakan 32 ekor tikus Sprague dawley yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok cekok (400mg/kgBB/hari, 14 hari) dan tidak cekok ekstrak buah Maja. Tiap kelompok dibagi menjadi 4 subkelompok (n=4) dengan perlakuan normoksia (tidak dihipoksia), hipoksia (8% O2, 92% N2) 3, 7, dan 14 hari. Pemeriksaan MDA dengan metode Wills E.D dan histopatologi dengan pewarnaan HE. Pemeriksaan in-vitro dilakukan pengukuran kadar fenolik (Singleton & Rossi), flavonoid (Woisky & Salatino), kapasitas total antioksidan (Blois), dan uji toksisitas dengan metode BSLT (Mayer). Hasil pemeriksaan didapatkan kadar fenolik 3315 μg/mL, flavonoid 8.926 μg/mL, IC50 268.35 μg/mL, dan LC50 237.76 μg/mL. Didapatkan peningkatan kadar MDA yang bermakna (Mann-Whitney, p<0.05) pada darah dan otak tikus Sprague Dawley yang diinduksi hipoksia 3, 7, dan 14 hari dibandingkan dengan normoksia pada kelompok cekok dan tidak cekok, dan kelompok yang tidak dicekok lebih tinggi kadarnya. Terdapat korelasi bermakna antara otak dengan darah tikus yang dicekok maupun yang tidak dicekok. Pemeriksaan histopatologi otak yang diinduksi hipoksia menunjukkan edema dan nekrosis sel otak. Dapat disimpulkan bahwa buah maja memiliki efek antioksidan dan berpotensi sebagai anti-kanker.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Limanan, David
Uncontrolled Keywords: Aegle marmelos, Malondialdehid (MDA), Stres Oksidatif, Antioksidan, Otak.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 Apr 2021 06:44
Last Modified: 27 Apr 2021 06:44
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/16486

Actions (login required)

View Item View Item