Perlindungan hukum konsumen pengguna produk Masker Shiseido yang menggunakan bahasa asing : studi terhadap Kemasan Shiseido dalam Bahasa Jepang di wilayah Tangerang

Yarti, Rini (2019) Perlindungan hukum konsumen pengguna produk Masker Shiseido yang menggunakan bahasa asing : studi terhadap Kemasan Shiseido dalam Bahasa Jepang di wilayah Tangerang. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (167kB)
[img] Text
PENGESAHAN RINI.pdf

Download (168kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)

Abstract

Suatu produk impor untuk diperdagangkan ke wilayah Indonesia harus mencantumkan label berbahasa Indonesia sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan, peraturan tersebut diatur dalam Pasal 2 ayat (1) Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 73/M-DAG/PER/9/2015 tentang Pencantuman Label Dalam Bahasa Indonesia Pada Barang. Setiap produk yang diperkenalkan kepada konsumen harus disertai informasi yang benar. Informasi ini diperlukan agar konsumen tidak mempunyai gambaran yang keliru atas produk. Informasi ini dapat disampaikan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mencantumkan label terjemahan berbahasa Indonesia pada label bahasa Asing yang tercantum pada kemasan produk. Informasi pada label kemasan produk sangat diperlukan bagi masyarakat agar masing-masing individu secara tepat dapat menentukan pilihan sebelum membeli dan mengkonsumsi produk tersebut. Pada kenyataannya masih banyak produsen yang tidak bertanggung jawab dengan menjual produk kosmetika yang tidak memenuhi persyaratan. Produk kosmetika yang tidak memenuhi persyaratan itu dapat ditemukan dengan mudah di mal, di pasar tradisional, maupun melalui internet. Peran negara dalam hal ini pemerintah diperlukan melindungi konsumen dari peredaran produk-produk yang tidak memenuhi persyaratan. Maka perlindungan hukum bagi konsumen dibutuhkan untuk meningkatkan kesadarannya atas hak-hak sebagai konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DR. A.M. Tri Anggraini, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Perlindungan Konsumen
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 22 Apr 2021 06:44
Last Modified: 04 May 2021 04:13
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/17557

Actions (login required)

View Item View Item