PERBANDINGAN EFEK OLAHRAGA AEROBIK DAN OLAHRAGA ANAEROBIK PADA FUNGSI PARU DEWASA MUDA DI SPORT CENTRE UNIVERSITAS TARUMANAGARA

TAMBUNAN, BELLA CHECHELIA (2019) PERBANDINGAN EFEK OLAHRAGA AEROBIK DAN OLAHRAGA ANAEROBIK PADA FUNGSI PARU DEWASA MUDA DI SPORT CENTRE UNIVERSITAS TARUMANAGARA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
top.pdf

Download (279kB)
[img] Text
1.pdf

Download (58kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
6.pdf

Download (36kB)
[img] Text
lamp.pdf

Download (664kB)
[img] Text
ref.pdf

Download (135kB)

Abstract

Olahraga yang dilakukan secara teratur dapat meningkatkan kebugaran. Berdasarkan jenisnya, olahraga terbagi menjadi menjadi 2 jenis, yaitu olahraga aerobik dan olahraga anaerobik. Pada dasarnya paru akan mengembang lebih besar dengan cara mengkontraksikan otot pernafasan. Olahraga yang rutin akan menguatkan otot pernafasan tersebut sehingga kapasitas vital paru akan meningkat. Berdasarkan teori, dijelaskan bahwa olahraga teratur juga dapat menambah elastisitas pada paru sehingga kapasitas pernapasan akan bertambah. Selain itu, kegiatan olahraga dapat membantu meningkatkan volume yang lebih besar, yang dihasilkan oleh hasil oksigen yang berdifusi ke dalam kapiler paru-paru. Kapasitas paru merupakan jumlah oksigen yang dapat masuk ke paru-paru secara maksimal. Jumlah oksigen tersebut akan ditentukan oleh kemampuan sistem pernapasan untuk menyesuaikan diri. Nilai kapasitas paru-paru tersebut akan menunjukkan seberapa baik fungsi paru-paru seseorang. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui perbandingan efek olahraga aerobik dan olahraga anaerobik terhadap fungsi paru mahasiswa Universitas Tarumanagara. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Responden penelitian sebanyak 38 mahasiswa/i cabang olahraga aerobik dan 35 mahasiswa/i cabang olahraga anaerobik yang dilakukan di Sport Centre Universitas Tarumanagara Jakarta Barat. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penilaian fungsi paru berupa Kapasitas Vital (KV), Kapasitas Vital Paksa (KVP), Volume ekspirasi paksa detik pertama (VEP1), dan Rasio VEP1/KVP menggunakan uji spirometri. Data dianalisis dengan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan pada olahraga aerobik terhadap nilai KV mempunyai p-value 0.004 dan pada olahraga aerobik terhadap nilai VEP1 mempunyai p-value 0.001 (p ≤ 0.05). Maka terdapat perbandingan efek yang bermakna antara olahraga aerobik dengan nilai Kapasitas Vital dan nilai Volume Ekspirasi Paksa detik pertama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Lontoh, Susy Olivia
Uncontrolled Keywords: aerobik, anaerobik, kapasitas paru
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 19 May 2021 08:41
Last Modified: 19 May 2021 08:41
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/25017

Actions (login required)

View Item View Item