Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Akibat Kelalaian Merchant dari Perusahaan Aplikasi Pembelian Tiket Online.

Marlina, Marlina (2019) Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Akibat Kelalaian Merchant dari Perusahaan Aplikasi Pembelian Tiket Online. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (67kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (95kB)
[img] Text
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (22kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB)

Abstract

Kegiatan penjualan tiket secara online memberikan kemudahan bagi konsumen namun memberikan kerugian bagi konsumen apabila terjadi kecurangan dari pelaku usaha. Salah satu kecurangan pelaku usaha adalah dengan melakukan refund tiket secara sepihak sehingga konsumen berhak mendapatkan perlindungan hukum dan ganti kerugian. Bagaimana bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen akibat kelalaian merchant dari perusahaan aplikasi pembelian tiket online dan bagaimana bentuk tanggung jawab yang dapat diterima konsumen yang dirugikan akibat kelalaian merchant dari perusahaan aplikasi pembelian tiket online merupakan permasalahan yang dibahas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif yang bersifat deskriptif, dengan menggunakan data sekunder dan data primer sebagai data penunjang dengan pendekatan undang-undang dan konseptual. Hasil penelitian menggambarkan perlindungan hukum terhadap konsumen yang dirugikan karena kelalaian merchant dari perusahaan aplikasi pembelian tiket online secara preventif telah ada sebab sudah ada peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai konsumen dan pelaku usaha yaitu UUPK, UU ITE dan UU Perdagangan namun perlindungan hukum secara represif belum tercapai sebab konsumen tidak mendapat kesempatan untuk menyelesaikan sengketanya dengan pelaku usaha dan merchant dari pelaku usaha tersebut. Konsumen dapat meminta pertanggungjawaban baik kepada perusahaan aplikasi pembelian tiket online maupun kepada merchant dari perusahaan berdasarkan UUPK, UU ITE dan teori tanggung jawab. Sebaiknya konsumen melakukan tindakan hukum dengan menggugat baik pelaku usaha dan merchantnya secara hukum serta sebaiknya pemerintah melakukan pengawasan dan pemberian sanksi tegas kepada pelaku usaha yang seringkali melakukan refund tiket secara sepihak serta sebaiknya pelaku usaha beritikad baik untuk memenuhi kewajibannya untuk bertanggungjawab atas kerugian yang dialami oleh konsumen merupakan saran dari penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ermanto Fahamsyah, S.H.,M.H.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, Refund Tiket, Merchant
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 29 Apr 2021 08:57
Last Modified: 04 May 2021 03:45
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/25662

Actions (login required)

View Item View Item