Dinata, Fredickson (2021) Pembuatan Website Online Store Dilengkapi dengan Chatbot. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
535170027_Fredickson Dinata_01 Cover.pdf Download (201kB) |
|
Text
535170027_Fredickson Dinata_02 Lembar Pengesahan.pdf Download (184kB) |
|
Text
535170027_Fredickson Dinata_03 Lembar Pernyataan.pdf Download (131kB) |
|
Text
535170027_Fredickson Dinata_04 Abstrak.pdf Download (194kB) |
|
Text
535170027_Fredickson Dinata_05 Kata Pengantar.pdf Download (136kB) |
|
Text
535170027_Fredickson Dinata_06 Daftar Isi, Tabel, Gambar, Lampiran.pdf Download (224kB) |
|
Text
535170027_Fredickson Dinata_07 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
|
Text
535170027_Fredickson Dinata_08 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
|
Text
535170027_Fredickson Dinata_09 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
|
Text
535170027_Fredickson Dinata_10 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
|
Text
535170027_Fredickson Dinata_11 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
|
Text
535170027_Fredickson Dinata_12 Daftar Pustaka.pdf Download (141kB) |
|
Text
535170027_Fredickson Dinata_13 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
535170027_Fredickson Dinata_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi dan jumlah penggunaan internetnya sekarang ini lagi meningkat, sehingga banyak perusahaan mulai membangun toko online sebagai salah satu cara untuk menarik pelanggan serta memperluas pasar. Namun, menarik pelanggan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan kalau kita tidak bisa memenuhi keinginan pasar. Ada banyak hal yang harus diperhatikan, beberapa diantaranya yaitu kualitas produk dan pelayanan pelanggan. Sehingga dibuatlah sebuah aplikasi online store yang dilengkapi dengan sebuah chatbot dan juga sistem livechat untuk meningkatkan pelayanaan pelanggan. Dan pada kasus ini chatbot akan dikembangkan dengan menggunakan metode vector space model (VSM) yang akan menghitung tingkat kemiripan dari dokumen dengan menggunakan sudut kosinus dari sebuah vektor akan tetapi sebelum melakukan perhitungan VSM perlu dilakukan Term Weighting terlebih dahulu. Pemilihan metode berikut dilakukan karena hasil yang didapatkan oleh VSM relatif bagus selama pertanyaan yang ditanyakan masih berada pada konteks yang ditentukan. Hasil pengujian dari chatbot dengan vector space model telah berjalan dengan baik hasil tersebut dapat dilihat dari perbandingan antara perhitungan manual dan program dan hasil pengujian langsung dari chatbot dimana pengujian tersebut menghasil beberapa nilai yaitu precision senilai 0.813, recall senilai 0.751, dan f�measurement senilai 0.766. Sehingga dari hasil pengujian tersebut dapat dikatakan hasil yang diperoleh dari chatbot sudah relatif bagus dan chatbot sudah dapat membantu pengguna dalam proses pembelian.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Online Store, Chatbot, Term Weighting, Vector Space Model (VSM) |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknologi Informasi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Informasi > Teknik Informatika |
Depositing User: | TDI Family perpus |
Date Deposited: | 05 May 2021 15:51 |
Last Modified: | 21 Aug 2021 03:34 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27977 |
Actions (login required)
View Item |