Tiratana, Aryanatta Paramita (2019) Pembuatan Aplikasi Customer Relationship Management Berbasis Web Menggunakan Metode K-Means. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
535150036_Aryanatta Paramita Tiratan_01 Cover.pdf Download (159kB) |
|
Text
535150036_Aryanatta Paramita Tiratan_02 Lembar Pengesahan.pdf Download (115kB) |
|
Text
535150036_Aryanatta Paramita Tiratan_03 Lembar Pernyataan.pdf Download (163kB) |
|
Text
535150036_Aryanatta Paramita Tiratan_04 Abstrak.pdf Download (335kB) |
|
Text
535150036_Aryanatta Paramita Tiratan_05 Kata Pengantar.pdf Download (302kB) |
|
Text
535150036_Aryanatta Paramita Tiratan_06 Daftar Isi, Tabel, Gambar, Lampiran.pdf Download (1MB) |
|
Text
535150036_Aryanatta Paramita Tiratan_07 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) |
|
Text
535150036_Aryanatta Paramita Tiratan_08 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (600kB) |
|
Text
535150036_Aryanatta Paramita Tiratan_09 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) |
|
Text
535150036_Aryanatta Paramita Tiratan_10 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (706kB) |
|
Text
535150036_Aryanatta Paramita Tiratan_11 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
|
Text
535150036_Aryanatta Paramita Tiratan_12 Daftar Pustaka.pdf Download (301kB) |
|
Text
535150036_Aryanatta Paramita Tiratan_13 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (29MB) |
|
Text
535150036_Aryanatta Paramita Tiratan_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
Abstract
PT. Sugi Jaya Mandiri merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penjualan barang-barang industri. Perusahaan ini memiliki masalah dalam mengelola data penjualan dan memberikan pelayanan terhadap pelanggan yang masih diolah oleh perusahaan menggunakan sistem manual. Selain itu, Pelayanan pelanggan yang dilakukan perusahaan terbatas untuk menyampaikan pertanyaan atau konsultasi masih menggunakan sistem manual yaitu melalui telepon atau email, Tidak adanya sarana untuk menyampaikan saran ataupun kritik hingga keluhan oleh pelanggan kepada perusahaan. Mengingat jumlah pelanggan yang cukup banyak, cara ini tidak efektif untuk memberikan pelayanan yang prima kepada pelanggan. Melalui Aplikasi Customer Relationship Management diharapkan dapat mempermudah perusahaan untuk mengelola data pelanggan dan transaksi penjualan dan meningkatkan relasi antara perusahaan dengan customer melalui fitur penentuan customer potensial menggunakan metode K-Means. Data yang digunakan untuk melakukan clustering pelanggan adalah data transaksi penjualan perusahaan dalam periode 1 tahun yakni pada tahun 2017. Dari hasil Clustering didapatkan hasil berupa kelompok pelanggan potensial yang terdiri dari 4 pelanggan dan kelompok pelanggan tidak potensial yang terdiri dari 40 pelanggan. Hasil evaluasi menggunakan Silhouette Coefficient dalam penentuan cluster pelanggan potensial dan tidak potensial menggunakan metode K-Means yaitu sebesar 0.85.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Web, Customer Relationship Management, K-Means, Pelanggan Potensial, Silhouette Coefficient |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknologi Informasi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Informasi > Teknik Informatika |
Depositing User: | TDI Family perpus |
Date Deposited: | 10 May 2021 11:55 |
Last Modified: | 05 Aug 2021 08:12 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28784 |
Actions (login required)
View Item |