Leonita, Ruth Yaniasni (2021) Perlindungan Konsumen Penerima Manfaat Asuransi Pertanggungan Jiwa Atas Polis Yang Dinyatakan Lapse Secara Sepihak Pasca Diajukan Klaim (Studi Kasus Putusan Nomor 628 Pdt.G/2019/Pn.Jkt.Brt). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
COVER.pdf Download (38kB) |
|
Text
Lembar Persetujuan.pdf Download (260kB) |
|
Text
Pengesahan Skripsi - Ruth Yaniasni Leonita.pdf Download (129kB) |
|
Text
Lembar Keabsahan.pdf Download (273kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (93kB) |
|
Text
DAFTAR IS1.pdf Download (34kB) |
|
Text
ABTRAK.pdf Download (150kB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (494kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (82kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (420kB) |
Abstract
Banyak ragam jenis asuransi, salah satunya asuransi pertanggungan jiwa. PT. Panin Dai-Ichi Life merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang layanan asuransi jiwa. Salah satu tujuan memiliki asuransi jiwa yaitu membantu melindungi keluarga serta menjadikannya fondasi keuangan yang sehat, namun terkadang harapan itu sirna karena klaim yang diajukan ditolak dengan alasan polis dalam keadaan lapse padahal tumpuan satu-satunya adalah mengharapkan dana dari klaim asuransi untuk melanjutkan hidup. Oleh sebagi itu melalui penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk perlindungan hukum konsumen penerima manfaat asuransi pertanggungan jiwa atas polis yang dinyatakan lapse secara sepihak pasca diajukannya klaim dan melihat dari sisi tanggungjawab perusahaan asuransi PT. Panin Dai-Ichi Life atas pemberian informasi status polis yang dinyatakan lapse. Metode penelitian yang digunakan yaitu yuridis normatif dengan pendekatan kasus dan perundang-undangan. Hasil penelitian bahwa bentuk perlindungan hukum konsumen asuransi dalam kasus ini yaitu perlindungan preventif dan represif. Preventif melalui mediasi ke BMAI, dan repesif melalui gugatan pengadilan. Dalam gugatannya, hakim telah memenangkan konsumen, namun ada upaya banding sehingga konsumen belum mendapatkan perlindungan hukum mendapatkan ganti rugi. Selain itu, perlindungan eksternal melalui UU Perlindungan Konsumen dan perlindunga internal melalui polis asuransi. Akan tetapi melalui UU Konsumen tidak mampu menjerat PT. Panin Dai-Chi Life karena pelanggaran Pasal 4 huruf c dan Pasal 7 hurub b tidak memiliki sanksi hukum. Begitupula perlindungan internal dapat melihat dari polis asuransi apabila gugatan pelanggaran Pasal 18 Ayat (1) huruf f tentang klausal baku dinyatakan terbukti, maka pelaku usaha berdasarkan Pasal 62 Ayat (1) dapat dikenakan sanksi pidana penjara dan denda. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui perlindungan secara eksternal UU Perlindungan Konsumen, dalam kasus ini belum mampu untuk melindungi konsumen.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Mariske Meyke Tampi, S.H., M.H. |
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Konsumen, Penerima Manfaat Asuransi, Polis Lapse |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | FH Perpus |
Date Deposited: | 19 May 2021 05:41 |
Last Modified: | 19 May 2021 05:41 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28984 |
Actions (login required)
View Item |