HUBUNGAN PENDEKATAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA

KRISTANTI, MONIKA (2020) HUBUNGAN PENDEKATAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
top.pdf

Download (358kB)
[img] Text
1.pdf

Download (93kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
6.pdf

Download (178kB)
[img] Text
ref.pdf

Download (176kB)
[img] Text
lamp.pdf

Download (318kB)

Abstract

Pendekatan belajar merupakan metode yang diterapkan mahasiswa untuk mencapai tujuan belajarnya, yang berperan penting dalam kesuksesan hasil belajar. Pendekatan belajar diklasifikasikan menjadi pendekatan belajar mendalam dan superfisial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pendekatan belajar dengan hasil belajar pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Penelitian ini menggunakan desaincross sectional dan dilaksanakan pada bulan Mei 2019 terhadap 176 mahasiswa kedokteran. Data pendekatan belajar didapatkan dari kuesioner R-SPQ-2F (Revised Study Process Questionnaire). Mayoritas responden menggunakan pendekatan belajar mendalam yaitu sebanyak 152 orang (86,4%).Persentase pendekatan belajar superfisial sebesar 13,6%. Data hasil belajar didapatkan dari nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) dan diklasifikasikan menjadi hasil belajar cukup memuaskan, memuaskan, sangat memuaskan, dan dengan pujian. Mayoritas hasil belajar responden penelitian ini memiliki hasil belajar sangat memuaskan yaitu 39,8%. Analisis chi-squaremenunjukkan tidak terdapat hubungan bermakna antara pendekatan belajar dengan hasil belajar. Meskipun tidak bermakna, mahasiswa yang menggunakan pendekatan belajar mendalam mendapatkan hasil belajar yang baik, sehingga mahasiswa didorong untuk menggunakan pendekatan belajar mendalam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Irawaty, Enny
Uncontrolled Keywords: Pendekatan belajar, hasil belajar
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 23 Jul 2021 03:52
Last Modified: 23 Jul 2021 03:52
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30156

Actions (login required)

View Item View Item