Rencana Pengelolaan Partisipatif pada Objek Geowisata Tebing Koja (Objek Studi: Tebing Koja, Desa Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang)

Soraya, Sandra (2020) Rencana Pengelolaan Partisipatif pada Objek Geowisata Tebing Koja (Objek Studi: Tebing Koja, Desa Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
345160032_Sandra Soraya_01 Cover.pdf

Download (286kB)
[img] Text
345160032_Sandra Soraya_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (373kB)
[img] Text
345160032_Sandra Soraya_03 Kata Pengantar.pdf

Download (311kB)
[img] Text
345160032_Sandra Soraya_ 04 Abstrak.pdf

Download (313kB)
[img] Text
345160032_Sandra Soraya_05 Lembar Pernyataan Keaslian.pdf

Download (196kB)
[img] Text
345160032_Sandra Soraya_06 Daftar Isi, Gambar, Tabel, Lampiran.pdf

Download (338kB)
[img] Text
Lampiran - Artikel Repository - PR-53-67.pdf

Download (3MB)

Abstract

Objek wisata Tebing Koja memiliki daya tarik geowisata yang memikat wisatawan dan dapat memberikan rasa ingin tahu seseorang karena memiliki sebutan lain yaitu “Kandang Godzilla” dan letaknya berada di dalam perdesaan di Kabupaten Tangerang. Tebing Koja memiliki keunikan tersendiri, yaitu bentuk tebingnya yang menjulang tinggi secara terpisah seperti bentukkan pada zaman purba akibat dari hasil penambangan pasir/kapur yang dilakukan sebelum dibukanya untuk umum pariwisata ini. Tebing Koja menjadi sangat penting yang dapat menjadi penunjang ekonomi bagi masyarakat sekitar yang ingin mengembangkan objek wisata tersebut. Namun, partisipasi yang dilakukan oleh masyarakat atau kelompok masyarakat hanyalah mereka yang tinggal disekitaran Tebing Koja. Masyarakat lain maupun masyarakat Desa Cikuya masih acuh tak acuh terhadap adanya objek wisata Tebing Koja yang dapat memberikan keuntungan dalam perekonomian mereka. Berdasarkan uraian tersebut maka peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk partisipatif pada masyarakat atau kelompok dalam pengelolaan objek wisata Tebing Koja di Desa Cikuya agar menjadikan pariwisata berkelanjutan. Konsep pariwisata berkelanjutan diterapkan dalam perencanaan pengelolaannya agar selalu berkesinambungan di kemudian hari dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis yang menggunakan pendeksripsian partisipatif dalam pengelolaan objek wisata Tebing Koja. Peneliti menggunakan berbagai sumber data untuk diteliti, menguraikan dan menjelaskannya secara komperhensif dari berbagai aspek dari individu, kelompok, organisasi, peristiwa secara sistematik. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, in-depth interview, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan peran masyarakat dalam pengelolaan objek wisata, konsep pengelolaan berbasis masyarakat atau Community Based Tourism (CBT) dan faktor-faktor penghambatnya. Kata Kunci: Pengelolaan Pariwisata Berbasis Masyarakat; Kemitraan Berbagai Pelaku; Perencanaan Wisata Geopark; Taman Tebing Koja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 02 Jun 2021 08:27
Last Modified: 20 Oct 2022 02:51
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30418

Actions (login required)

View Item View Item