Kabangnga, Mathilda Fransisca Palindatu (2021) Analisis Sentimen Pendapat Pengguna Kereta Commuter Indonesia melalui Twitter Menggunakan Metode Naive Bayes. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
825170045_Mathilda Fransisca Palindatu Kabangnga_01 Cover.pdf Download (471kB) |
|
Text
825170045_Mathilda Fransisca Palindatu Kabangnga_02 Lembar Permohonan.pdf Download (56kB) |
|
Text
825170045_Mathilda Fransisca Palindatu Kabangnga_03 Lembar Persetujuan.pdf Download (418kB) |
|
Text
825170045_Mathilda Fransisca Palindatu Kabangnga_04 Lembar Pengesahan.pdf Download (243kB) |
|
Text
825170045_Mathilda Fransisca Palindatu Kabangnga_05 Lembar Pernyataan.pdf Download (338kB) |
|
Text
825170045_Mathilda Fransisca Palindatu Kabangnga_06 Abstrak.pdf Download (605kB) |
|
Text
825170045_Mathilda Fransisca Palindatu Kabangnga_07 Kata Pengantar.pdf Download (457kB) |
|
Text
825170045_Mathilda Fransisca Palindatu Kabangnga_08 Daftar Isi, Tabel, Gambar, Lampiran.pdf Download (622kB) |
|
Text
825170045_Mathilda Fransisca Palindatu Kabangnga_09 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (619kB) |
|
Text
825170045_Mathilda Fransisca Palindatu Kabangnga_10 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (943kB) |
|
Text
825170045_Mathilda Fransisca Palindatu Kabangnga_11 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (954kB) |
|
Text
825170045_Mathilda Fransisca Palindatu Kabangnga_12 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
825170045_Mathilda Fransisca Palindatu Kabangnga_13 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (606kB) |
|
Text
825170045_Mathilda Fransisca Palindatu Kabangnga_14 Daftar Pustaka.pdf Download (743kB) |
|
Text
825170045_Mathilda Fransisca Palindatu Kabangnga_16 Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (745kB) |
|
Text
825170045_Mathilda Fransisca Palindatu Kabangnga_15 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Pada masa pandemi COVID-19 di Indonesia, beberapa masyarakat tertentu khusus di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), Banten, dan Cikarang memanfaatkan Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line yang dikelola oleh PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI) sebagai penghematan biaya perjalanan walaupun jumlah volume penumpang KRL tersebut mengalami penurunan. Untuk mengatasi adanya ketidakpastian kelancaran perjalanan KRL tersebut yang dihadapi oleh pengguna KCI sehingga mereka sewaktu-waktu dapat terlambat sampai di tempat kerjanya, analisis sentimen diterapkan pada penelitian ini dengan mengklasifikasikan pendapat pengguna tersebut melalui Twitter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pendapat pengguna tersebut terhadap kelancaran perjalanan dengan KRL tersebut selama pelaksanaan penelitian ini sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pengguna dan calon pengguna tersebut untuk memanfaatkan layanan transportasi KRL tersebut. Penggunaan metode analisis tersebut adalah Naive Bayes (NB). Jumlah klasifikasi pendapat tersebut adalah sebesar 3, yaitu positif, negatif, dan netral. Metodologi penelitian ini dimulai dari himpun data, pre-processing, proses klasifikasi, dan evaluasi. Hasil penelitian ini adalah visualisasi data berupa dashboard sebagai gambaran pendapat pengguna tersebut melalui Twitter. Hasil accuracy pada klasifikasi pendapat dengan menggunakan metode tersebut adalah sebesar 0.857.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknologi Informasi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi |
Depositing User: | TDI Perpus |
Date Deposited: | 02 Aug 2021 07:45 |
Last Modified: | 02 Aug 2021 07:45 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/32158 |
Actions (login required)
View Item |