Kuswidyawan, Rama Putra (2021) Perancangan Dashboard Untuk Visualisasi Data Segmentasi Pelanggan Pada E-Commerce. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
825170052_Rama Putra Kuswidyawan_01 Cover.pdf Download (169kB) |
|
Text
825170052_Rama Putra Kuswidyawan_02 Lembar Permohonan.pdf Download (388kB) |
|
Text
825170052_Rama Putra Kuswidyawan_03 Lembar Persetujuan.pdf Download (514kB) |
|
Text
825170052_Rama Putra Kuswidyawan_04 Lembar Pengesahan.pdf Download (251kB) |
|
Text
825170052_Rama Putra Kuswidyawan_05 Lembar Pernyataan.pdf Download (203kB) |
|
Text
825170052_Rama Putra Kuswidyawan_06 Abstrak.pdf Download (201kB) |
|
Text
825170052_Rama Putra Kuswidyawan_07 Kata Pengantar.pdf Download (217kB) |
|
Text
825170052_Rama Putra Kuswidyawan_08 Daftar Isi, Tabel, Gambar, Lampiran.pdf Download (239kB) |
|
Text
825170052_Rama Putra Kuswidyawan_09 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
|
Text
825170052_Rama Putra Kuswidyawan_10 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
|
Text
825170052_Rama Putra Kuswidyawan_11 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) |
|
Text
825170052_Rama Putra Kuswidyawan_12 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
|
Text
825170052_Rama Putra Kuswidyawan_13 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
|
Text
825170052_Rama Putra Kuswidyawan_14 Daftar Pustaka.pdf Download (216kB) |
|
Text
825170052_Rama Putra Kuswidyawan_15 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
|
Text
825170052_Rama Putra Kuswidyawan_16 Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
Abstract
Upaya manusia untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidupnya senantiasa mendorong aktivitas berbelanja. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, melakukan aktivitas berbelanja menjadi lebih mudah dan modern dengan hadirnya belanja online yang biasa dikenal dengan e-commerce. Tingginya angka perkembangan e-commerce saat ini mengindikasikan semakin ketatnya persaingan antar perusahaan e-commerce. Untuk dapat bersaing dalam lingkungan yang kompetitif, perusahaan e-commerce perlu memiliki banyak informasi dan wawasan dari sekumpulan data transaksi yang ada untuk dapat menciptakan strategi penjualan yang efektif. Untuk itu, salah satu cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan e-commerce adalah dengan memahami karakteristik belanja pelanggannya. Pada skripsi ini dibuat segmentasi pelanggan menggunakan teknik clustering dengan algoritma k-means berdasarkan model RFM (Recency, Frequency, dan Monetary). Hasil segmentasi pelanggan berhasil mengelompokan pelanggan ke dalam tiga cluster. Kemudian data penjualan divisualisasikan dengan dashboard untuk memberikan informasi dan wawasan kepada perusahaan e-commerce mengenai kondisi penjualan tiap segmen pelanggan dengan mudah dan cepat untuk melihat karakteristik belanjanya
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | clustering, dashboard, e-commerce, frequency, k-means, model RFM, monetary, recency, segmentasi pelanggan |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknologi Informasi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi |
Depositing User: | TDI Perpus |
Date Deposited: | 02 Aug 2021 08:25 |
Last Modified: | 02 Aug 2021 08:25 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/32160 |
Actions (login required)
View Item |