Analisis keselamatan pada perlintasan sebidang JPL no. 5a km 2 + 285 jalan hadiah

Marsa, Rivelieno Rai (2023) Analisis keselamatan pada perlintasan sebidang JPL no. 5a km 2 + 285 jalan hadiah. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
325180129_RIVELIENO_Cover.pdf

Download (190kB)
[img] Text
325180129_RIVELIENO_Pengesahan.pdf

Download (348kB)
[img] Text
325180129_RIVELIENO_Daftar Isi.pdf

Download (89kB)
[img] Text
325180129_RIVELIENO_Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] Text
325180129_RIVELIENO_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
325180129_RIVELIENO_Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] Text
325180129_RIVELIENO_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
325180129_RIVELIENO_Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
325180129_RIVELIENO_Daftar Pustaka.pdf

Download (60kB)

Abstract

Kereta api merupakan sarana perkeretaapian dengan tenaga gerak, baik berjalan sendiri maupun dirangkaikan dengan sarana perkeretaapian lainnya yang bergerak di jalan rel yang terkait dengan perjalanan kereta api. Perlintasan sebidang merupakan salah satu contoh pertemuan antara jalan raya dengan kereta api, dimana sering timbulnya konflik berupa kemacetan. Pada penelitian ini, JPL No. 5a menjadi lokasi yang akan diadakan penelitian yang terletak pada Jalan Hadiah, Grogol Petamburan, Jakarta Barat berada diantara Stasiun Grogol dan Stasiun Pesing. Perlintasan ini merupakan salah satu perlintasan yang sering menimbulkan kemacetan. Perlintasan ini memiliki jadwal kereta api yang cukup padat saat weekday dan weekend. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keselamatan dan keamanan dengan meninjau kelengkapan rambu-rambu, geometrik perlintasan, volume lalu lintas harian serta karakteristik pengguna jalan pada perlintasan sebidang JPL No. 5a KM 2 + 285. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan, dari aspek kelengkapan rambu, masih banyak yang belum tersedia dan SMPK yang didapat yaitu sebesar 39.435 smpk, 42.066 smpk, dan 40.432 smpk dimana hasil tersebut melebihi standar yang berlaku yaitu sebesar 35.000 smpk. Jenis pelanggaran yang paling sering terjadi yaitu kendaraan menunggu di lajur yang berlawanan arah dengan tingkat probability 100% dan tingkat severity 3 termasuk kategori extreme risk. Kata kunci: perlintasan sebidang, kereta api, kendaraan, tingkat keselamatan, kelengkapan keselamatan perlintasan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 16 Oct 2023 06:46
Last Modified: 16 Oct 2023 06:46
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41973

Actions (login required)

View Item View Item