Fashion Funland: fashion kalangan remaja Bandung

Dennis, Dennis (2023) Fashion Funland: fashion kalangan remaja Bandung. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
315190021_DENNIS_Cover.pdf

Download (58kB)
[img] Text
315190021_DENNIS_Pengesahan.pdf

Download (126kB)
[img] Text
315190021_DENNIS_Daftar Isi.pdf

Download (61kB)
[img] Text
315190021_DENNIS_Abstrak.pdf

Download (9kB)
[img] Text
315190021_DENNIS_Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
315190021_DENNIS_Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
315190021_DENNIS_Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
315190021_DENNIS_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)
[img] Text
315190021_DENNIS_Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
315190021_DENNIS_Bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
315190021_DENNIS_Bab 7.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img] Text
315190021_DENNIS_Daftar Pustaka.pdf

Download (7kB)

Abstract

Pembahasan dimulai dengan fokus pada periode transisi remaja, yang merupakan fase peralihan dari masa anak-anak ke masa dewasa. Selama masa ini, remaja mencari identitas, kebiasaan, dan minat pribadi, sehingga muncul minat dalam membeli pakaian atau fashion. Terlihat pada remaja usia 16-21 tahun yang menghabiskan lebih banyak uang untuk kebutuhan penampilan, terutama dalam hal fashion atau mode. Penelitian ini berfokus pada perilaku konsumtif remaja di Bandung, yang dipilih karena jumlah dan penyebaran toko fashion yang cukup banyak. Perilaku konsumtif remaja terhadap benda berkembang dikarenakan pakaian yang bukan lagi dari kebutuhan melainkan hasrat atau keinginan pengaruh lainnya dari arus globalisasi ekonomi yang masuk ke Indonesia. Selain itu perilaku konsumtif dikalangan remaja dilakukan karena dianggap sebagai wadah rekreasi atau kesenangan mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana arsitektur dapat mengakomodasi dan merespons kebutuhan wadah rekreasi remaja Bandung untuk menjawab perilaku konsumtif yang dilakukan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan fokus pada pengumpulan deskripsi tentang masalah dan solusi yang berkaitan. Dalam konteks banyaknya toko fashion yang memengaruhi perilaku konsumtif remaja, ada kebutuhan untuk mengembangkan empati terhadap ruang yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Wadah rekreasi yang tetap ada namun dimasukan edukasi sehingga bisa mengubah atau membatasi perilaku konsumtif ini. Oleh karena itu, pencampuran ruang untuk adanya kegiatan perdagangan dengan adanya ruang yang berisikan informasi yang berguna bagi remaja. Kata kunci: Bandung, Fashion, Perilaku konsumtif, Rekreasi, Remaja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 02 Jan 2024 02:51
Last Modified: 02 Jan 2024 02:51
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/42511

Actions (login required)

View Item View Item