Serina, Sella (2023) Sarana edukasi seni dan olahraga berbasis komunitas bagi anak jalanan. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
315190141_SELLA_Cover.pdf Download (175kB) |
|
Text
315190141_SELLA_Pengesahan.pdf Download (127kB) |
|
Text
315190141_SELLA_Abstrak.pdf Download (223kB) |
|
Text
315190141_SELLA_Daftar Isi.pdf Download (95kB) |
|
Text
315190141_SELLA_Bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
|
Text
315190141_SELLA_Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
|
Text
315190141_SELLA_Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
|
Text
315190141_SELLA_Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
315190141_SELLA_Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
|
Text
315190141_SELLA_Daftar Pustaka.pdf Download (140kB) |
Abstract
Jumlah anak jalanan semakin meningkat seiring dengan adanya pembangunan yang kurang merata di DKI Jakarta sehingga sarana pendidikan terbatas bagi kalangan tertentu. Kurangnya sarana pendidikan menyebabkan kebutuhan pendidikannyayang tidak terpenuhi. Masalah pendidikan anak jalanan berkaitan erat dengan kegiatan anak jalanan yang sebagian besar dilakukan untuk bekerja di jalanan. Seorang anak menjadi anak jalanan disebabkan oleh faktor eksternal berupa faktor ekonomi untuk membantu orang tuanya mencari nafkah serta lingkungan tempat tinggal yang berdekatan dengan jalanan. Sedangkan, faktor internal berasal dari dalam diri anak, yaitu kurangnya minat anak terhadap belajar sehingga anak cenderung lebih memilih bekerja dibanding belajar. Kurangnya minat dalam belajar menyebabkan anak cenderung sulit untuk menerima materi. Hal ini diatasi dengan mengembangkan bakat dan minat anak melalui kegiatan di bidang seni dan olahraga. Selain itu, adanya kegiatan belajar yang dapat menarik anak untuk belajar melalui konsep belajar sambil bermain dengan media dinding interaktif. Konsep belajar terkait metode pembelajaran secara interaktif dan adaptif, dimana anak dapat berinteraksi secara langsung dengan media belajar tersebut. Kurangnya antusias anak jalanan dalam belajar mendorong terciptanya suatu pandangan untuk memperbaiki kualitas pendidikan anak jalanan dengan menariknya untuk belajar sekaligus mewadahi komunitas anak jalanan. Sarana tersebut dapat mewadahi anak jalanan untuk dapat memperoleh pendidikan yang layak melalui fasilitas ruang belajar dan pengembangan bakat dan minatnya di bidang seni dan olahraga. Sarana edukasi ini terdiri atas komunitas yang bertujuan untuk mempererat hubungan antara anak jalanan dengan kalangan non anak jalanan karena sifatnya yang terbuka bagi seluruh kalangan sosial masyarakat sehingga dapat mengurangi kesenjangan sosial. Kata kunci : anak jalanan; arsitektur empati; komunitas; pendidikan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur |
Depositing User: | TDI Family perpus |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 09:55 |
Last Modified: | 04 Jan 2024 09:55 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/42573 |
Actions (login required)
View Item |