Perancangan komik Webtoon mengenai overthinking bagi remaja usia 16-22 tahun (DKV - 3041)

Andini, Eldrian Saddam (2024) Perancangan komik Webtoon mengenai overthinking bagi remaja usia 16-22 tahun (DKV - 3041). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
625200091_ELDRIAN_Cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
625200091_ELDRIAN_Pengesahan.pdf

Download (1kB) | Preview
[img]
Preview
Text
625200091_ELDRIAN_Daftar Isi.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text
625200091_ELDRIAN_Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] Text
625200091_ELDRIAN_Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] Text
625200091_ELDRIAN_Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img] Text
625200091_ELDRIAN_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] Text
625200091_ELDRIAN_Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
625200091_ELDRIAN_Daftar Pustaka.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

Remaja umumnya mulai memikirkan mengenai cita-cita, penampilan, memeprtanyakan identitasnya dan hubungan sosialnya dengan orang terdekat. Remaja saat ini juga terlalu dipengaruhi oleh sosial media yang dapat memperparah pikiran mereka, mereka akan menjadi sering membandingkan kehidupan diri sendiri dengan kehidupan orang lain di sosial media. Hal tersebut dapat dikatakan berpikir secara berlebihan atau overthingking. Masalah overthinking pada remaja memang menjadi masalah yang sulit untuk di hindari karena pada umumnya usia remaja resah akan terhadap masa depan, hubungan dirinya terhadap keluarga, hubungan dirinya terhadpa teman, hubungan terhadap pasangannya, dan resah akan kehilangan atau kejadian yang tidak menyenangkan. Hal ini dapat dicegah dengan membaca suatu buku atau tulisan berbentuk story telling yang membahas overthinking. Namun, buku sudah jarang sekali digunakan oleh remaja saat ini, mereka lebih suka mencari edukasi ataupun hiburan lewat media digital. Salah satu media edukasi dan hiburan digital yang populer saat ini oleh remaja adalah komik webtoon. Komik webtoon dengan style yang unik dan story telling dapat lebih mudah dicerna isinya oleh kalangan remaja. Hal inilah yang menentukan media untuk perancangan tugas akhir ini berupa komik webtoon dengan format komik digital scroll ke bawah berukuran 800 x 1280 px. Tujuan perancangan komik webtoon overthinking untuk menciptakan komik yang dapat mengedukasi serta menjadikannya sebagai teman untuk bahan mengobrol lebih dekat. Dengan begitu para remaja tidak bosan dan merasa seperti ada teman mengobrol untuk menamani mereka munuju perubahan yang lebih baik. Metode penelitian menggunakan 5 tahapan desain oleh Robin Landa. Setelah melakukan observasi dan studi pustaka, keputusan visual untuk perancangan ini menggunakan gaya ilustrasi semi realis dengan line art tipis untuk menunjukkan subjek remaja. Karya webtoon ini nantinya akan dipublikasikan pada akun media sosial "Thosandmeans" yang merupakan akun jasa konsultasi online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain
Divisions: Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 21 Sep 2024 07:20
Last Modified: 21 Sep 2024 07:20
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44743

Actions (login required)

View Item View Item