Hubungan Adjustment Problem dengan Pencapaian Akademik pada Mahasiswa Tahun Pertama di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara

VALDO, LOUIS (2022) Hubungan Adjustment Problem dengan Pencapaian Akademik pada Mahasiswa Tahun Pertama di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
VALDO, LOUIS 405190088 - TOP.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
VALDO, LOUIS 405190088 - BAB 1.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
VALDO, LOUIS 405190088 - BAB 2.pdf

Download (496kB) | Preview
[img] Text
VALDO, LOUIS 405190088 - BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text
VALDO, LOUIS 405190088 - BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
VALDO, LOUIS 405190088 - BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
VALDO, LOUIS 405190088 - BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
VALDO, LOUIS 405190088 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
VALDO, LOUIS 405190088 - LAMP.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Setiap orang harus mampu menyesuaikan diri dengan kondisi baru yang tak terhindarkan. Perpindahan dari sekolah ke universitas mengubah banyak hal dalam diri mahasiswa. Penyesuaian pada mahasiswa meliputi metode belajar dan berpikir kritis, kehidupan sosial, hubungan dengan dosen, dan norma dan budaya baru di universitas. Perubahan lingkungan akademik dari sekolah ke universitas berdampak pada penyesuaian diri mahasiswa. Ketidakmampuan untuk menyesuaikan diri menyebabkan adjustment problem dan dapat menjadi adjustment disorder. Metode. Studi cross-sectional dilakukan pada bulan Desember 2021. Sebanyak 190 mahasiswa berusia antara 18 hingga 25 tahun yang berkuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara mengikuti penelitian ini. Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ), sebuah self-assessment test, digunakan untuk mengukur adjustment problem pada mahasiswa baru. Analisis deskriptif; chi-square digunakan untuk menilai hubungan antara adjustment problem dan pencapaian akademik. Hasil. Prevalensi adjustment problem di antara responden adalah 43 (22,6 %). Dari responden, 135 (71,1%) adalah perempuan dan mean (sd) usia adalah 18,46 (0,963) tahun. Hasil analisis bivariat adalah p-value 0,00 (p-value<0,05). Kesimpulan. Studi ini menegaskan ada hubungan antara adjustment problem dan pencapaian akademik pada mahasiswa baru di fakultas kedokteran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: CHRIS, ARLENDS
Uncontrolled Keywords: adjustment problem, adjustment disorder, pencapaian akademik, SACQ, fakultas kedokteran
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 08 Nov 2024 07:46
Last Modified: 08 Nov 2024 07:46
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/45024

Actions (login required)

View Item View Item