Penerapan extinction yang diiringi reinforcement positif untuk memodifikasi perilaku memukul pada penyandang disabilitas intelektual ringan

Ingred, I (2012) Penerapan extinction yang diiringi reinforcement positif untuk memodifikasi perilaku memukul pada penyandang disabilitas intelektual ringan. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Kata Pengantar-Abstrakk.pdf

Download (76kB) | Preview

Abstract

"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan teknik extinction yang diiringi dengan pemberian reinforcement positif untuk memodifikasi perilaku memukul pada penyandang disabilitas intelektual ringan di panti sosial. Partisipan penelitian diambil menggunakan purposive sampling dan didapat empat orang partisipan dalam kategori usia remaja dengan disabilitas intelektual ringan yang sering menampilkan perilaku memukul. Analisa data dilakukan dengan membandingkan frekuensi perilaku memukul yang ditampilkan partisipan pada periode baseline dengan periode diberikannya intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengurangan pada rata-rata frekuensi perilaku memukul yang ditampilkan partisipan, yakni dari 3.5 kali pada saat baseline menjadi 0.6 kali pada saat diberikan intervensi. Pengurangan frekuensi perilaku memukul ini menunjukkan bahwa teknik extinction yang diiringi dengan reinforcement positif dalam penelitian ini terbukti dapat mengurangi perilaku memukul sekaligus meningkatkan perilaku tidak memukul pada partisipan penelitian. "

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: modifikasi perilaku, extinction, reinforcement positif, perilaku memukul, remaja, disabilitas intelektual.
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 07 Feb 2019 07:10
Last Modified: 07 Feb 2019 07:10
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/10406

Actions (login required)

View Item View Item