ANALISIS PERAN PENYEDIA JASA DALAM PENINGKATAN CONSTRUCTABILITY PADA PEKERJAAN PENINGKATAN JALAN DI BANTEN, DKI JAKARTA, DAN JAWA BARAT

MAJID, HENDRI ARIFIN (2019) ANALISIS PERAN PENYEDIA JASA DALAM PENINGKATAN CONSTRUCTABILITY PADA PEKERJAAN PENINGKATAN JALAN DI BANTEN, DKI JAKARTA, DAN JAWA BARAT. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Tesis Hendri, Cover MTS.pdf

Download (138kB)
[img] Text
ABSTRAK1.docx

Download (24kB)
[img] Text
Tesis Hendri, Daftar Isi MTS.pdf

Download (78kB)

Abstract

Industri jasa konstruksi merupakan salah satu industri yang memiliki persaingan yang ketat. Pekerjaan jasa konstruksi bersifat kompleks, unik, sekaligus memiliki risiko bisnis dalam waktu yang bersamaan, dalam hal ini penyedia jasa bersaing semurah mungkin dari segi harga tapi perusahaan juga harus memiliki peluang laba. Indonesia sebagai negara berkembang yang terus membangun infrastruktur tentunya memiliki intensitas pekerjaan infrastruktur yang tinggi khususnya dibidang jalan, tingginya intensitas pekerjaan jalan ini juga terjadi pada Provinsi Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat yang membuat penyedia jasa seringkali menemukan hambatan-hambatan pada pelaksanaan pekerjaan peningkatan jalan. Hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor seperti perencanaan yang sudah lama sehingga sudah kurang relevan, traffic pada jalan yang dikerjakan intensitasnya sangat padat, jalan yang akan dikerjakan merupakan jalan satu-satunya sehingga tidak dapat ditutup untuk jangka waktu yang lama, sampai dengan masalah sosial yang berkaitan dengan dampak terhadap warga sekitar. Hambatan-hambatan tersebut membuat penyedia jasa haruslah sigap dalam menghadapinya, serta berperan aktif untuk mencari solusi penyelesian masalah tersebut. Constructability pada dasarnya merupakan jembatan antara perencana dengan pelaksana, constructability bisa diterapkan oleh penyedia jasa pada saat pelaksanaan pekerjaan, karena desain yang tidak memperhitungkan aspek teknis dan faktor-faktor lapangan akan sangat menghambat pelaksanaannya hal ini bisa dilakukan jika penyedia jasa memiliki kriteria-kriteria seperti pengalaman dan pengetahuan serta dukungan dari berbagai pihak terkait, maka keberhasilan suatu pelaksanaan konstruksi menjadi tanggung jawab penyedia jasa. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran penyedia jasa dalam peningkatan constructability khususnya unntuk daerah Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat yang akan menjadi objek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode survey dengan penyebaran kuesioner kepada seluruh stake holder yang terlibat pada proyek-proyek pekerjaan jalan di Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat, metode analisis yang digunakan adalah korelasi dan regresi linier untuk menentukan variabel yang paling mempengaruhi peningkatan constructability pada pekerjaan jalan. Hasil penelitian didapatkan adalah peran penyedia jasa khususnya didalam peningkatan constructability sudah memadai melalui analisis korelasi didapatkan 19 variabel bebas yang memiliki hubungan korelasi yang kuat terhadap variabel terikat, dengan empat variabel yang pengaruhnya paling kuat yang menunjukkan bahwa konsep dari constructability sudah familiar di dunia konstruksi yang membuat persepsi responden terhadap penyedia jasa dalam peningkatan constructability sudah memadai, sehingga dianggap penyedia jasa sudah dapat melaksanakan constructability pada pekerjaan peningkatan jalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Constructability, peningkatan jalan, jalan nasional.
Subjects: Tesis
Tesis > Pascasarjana
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 24 Oct 2019 08:51
Last Modified: 04 May 2021 12:46
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/12285

Actions (login required)

View Item View Item