Perancangan board game mengenai profesi penegak hukum untuk anak-anak (DKV - 2171)

Nicholas, Nicholas (2016) Perancangan board game mengenai profesi penegak hukum untuk anak-anak (DKV - 2171). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
625120026_Nicholas_01 Cover.pdf

Download (104kB)
[img] Text
625120026_Nicholas_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (100kB)
[img] Text
625120026_Nicholas_03 Lembar Pernyataan.pdf

Download (117kB)
[img] Text
625120026_Nicholas_04 Abstrak.pdf

Download (180kB)

Abstract

Pengetahuan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi kehidupan anak. Meskipun demikian, masih banyak anak yang malas belajar. Dalam mengatasi malasnya belajar anak, orang tua seringkali memaksakan anak untuk mengambil pelajaran tambahan. Untuk itu, orang tua perlu tahu bahwa belajar dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan yaitu dengan menggunakan itu pennainan. Setiap pengetahuan sudah dikemas dengan baik sehingga dapat mengembangkan anak dalam berbagai aspek kehidupan, terutama dalam menentukan cita-cita mereka. Cita-cita merupakan suatu hal yang penting bagi anak untuk menentukan profesi mereka saat beranjak dewasa nanti. Mereka juga membutuhkan informasi yang cukup untuk menggambarkan seperti apakah profesi yang mereka cita-citakan. Namun, informasi tentang profesi yang diberikan sejak dini masih tergolong minim. Akibatnya, anak kesulitan saat memilih jurusan ketika mereka sudah remaja. Board game SERUNYA JADI adalah permainan yang sangat cocok untuk mengedukasi anak tentang berbagai macam profesi di lndonesia. Anak-anak diajak untuk memainkan suatu simulasi kegiatan yang dil akukan oleh profesi tertentu sesuai dengan tema board game. Pada tahun 2016, board game ini mengangkat tema profesi penegak hukum yaitu polisi detektif di Indonesia sehingga memiliki judul SERUNYA JADI DETEKTIF!. Pennainan ini merupakan pennainan keluarga yang memerlukan 3-5 pemain dengan usia yang dianjurkan 8 tahun ke atas. SERUNY A JADI DETEKTIF! menggunakan tampilan yaog disukai oleh anak-anak usia 8-12 tahun dengan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti. Metode perancangan board game ini sendiri meliputi proses observasi board game yang populer bagi anak-anak di seluruh dunia serta studi pustaka untuk mendasari teori yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain
Divisions: Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 28 Apr 2021 13:54
Last Modified: 09 Jun 2021 14:23
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/25342

Actions (login required)

View Item View Item