Penerapan Theraplay untuk Meningkatkan Inisiasi Sosial Anak dengan Autism Spectrum Disorder Usia Middle Childhood

Imelda, Steny (2014) Penerapan Theraplay untuk Meningkatkan Inisiasi Sosial Anak dengan Autism Spectrum Disorder Usia Middle Childhood. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
ABSTRAK.doc.pdf

Download (88kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hasil dari penerapan theraplay untuk meningkatkan inisiasi sosial anak dengan autism spectrum disorder usia middle childhood. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini yaitu theraplay sebagai variabel bebas dan inisiasi sosial sebagai variabel terikat. Theraplay adalah salah satu bentuk terapi yang menggunakan elemen terapi bermain untuk membantu anak membentuk attachment yang lebih baik dengan orang lain. Sedangkan inisiasi sosial adalah perilaku yang dimunculkan anak baik secara verbal maupun non verbal untuk mendekati teman sebaya atau orang lain yang dapat dibentuk melalui attachment yang baik. Penelitian ini menggunakan single case design. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling dimana sampel penelitian dipilih berdasarkan kriteria dan tujuan penelitian. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah ASSP (Autism Social Skills Profile) yang dirancang untuk mengukur enam aspek keterampilan sosial yang mencakup inisiasi sosial (Bellini, 2006) dan MIM (Marschak Interaction Method) yang dirancang untuk mengukur attachment antara orangtua dan anak (Munns, 2000). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan theraplay dapat meningkatkan inisiasi sosial, seperti mengajak teman sebaya atau orang lain bermain, bergabung dalam suatu aktivitas, meminta bantuan orang lain, dan menyapa orang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Soemiarti Patmonodewo, Psi. Naomi Soetikno, M.Pd., Psi.
Uncontrolled Keywords: Theraplay, Attachment, Inisiasi Sosial, ASD (Autism Spectrum Disorder), ASSP (Autism Social Skills Profile).
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 06 May 2021 03:45
Last Modified: 06 May 2021 04:34
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28072

Actions (login required)

View Item View Item