STRATEGI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL OLEH KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (Studi Kasus Media Sosial Komunitas Historia Indonesia Dalam Meningkatkan Nasionalisme Generasi Muda)

ANGELA, NATASHA (2020) STRATEGI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL OLEH KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (Studi Kasus Media Sosial Komunitas Historia Indonesia Dalam Meningkatkan Nasionalisme Generasi Muda). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
natasha angela.pdf

Download (184kB)

Abstract

Abstrak : Internet telah menjadi kebutuhan masyarakat diseluruh dunia pada zaman teknologi informasi saat ini. Dalam kehidupan sosial, teknologi membuat generasi milenial diperkenalkan pada budaya dan gaya hidup luar yang kemudian diadaptasi dalam kehidupan terkini. Hal ini yang membuat generasi muda saat ini tidak memiliki perhatian dan ketertarikan untuk mendalami budaya tradisional dan sejarah Indonesia. Dengan memanfaatkan media massa, muncul berbagai komunitas sejarah sebagai wadah bagi masyarakat yang masih peduli dan ingin bersama menjaga warisan sejarah dan budaya Indonesia. Sehingga penelitian ini dimaksudkan untuk meneliti pemanfaatan media sosial oleh Komunitas Historia Indonesia (KHI) dalam meningkatkan nasionalisme generasi muda. Penelitian berlandaskan teori New Media, Media Sosial, Cyber Public Relations, dan Social Media Marketing. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melaksanakan kegiatannya, KHI memanfaatkan media sosial sebagai sarana informasi, rekrutmen, edukasi, interaksi dan komunikasi, dan menciptakan diferensiasi sebagai strategi yang dilakukan KHI untuk menjadi pengajar sejarah dan budaya dan menjangkau publik yang memiliki minat dan misi yang sama untuk melestarikan sejarah. KHI juga melakukan teknik social media marketing untuk menciptakan ruang bagi publik dalam mengolah minat dan membentuk gaya hidup yang cinta sejarah, sehingga diharapkan KHI semakin memperkuat identitasnya sebagai komunitas sejarah terbesar di Indonesia. Kata Kunci: Cyber Public Relations, Media Sosial, Social Media Marketing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 15 Jun 2021 06:44
Last Modified: 15 Jun 2021 06:44
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31108

Actions (login required)

View Item View Item