EFEKTIVITAS SOCIAL MEDIA MARKETING E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN BRAND IMAGE PERUSAHAAN (SURVEI PADA PELANGGAN TOKOPEDIA)

DEFRIANTO, DEFRIANTO (2020) EFEKTIVITAS SOCIAL MEDIA MARKETING E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN BRAND IMAGE PERUSAHAAN (SURVEI PADA PELANGGAN TOKOPEDIA). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI (Defrianto-915160094).pdf

Download (183kB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh social media marketing terhadap brand image Tokopedia. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi pemasaran, social media marketing, dan brand image. Tokopedia merupakan e-commerce yang menawarkan berbagai macam produk-produk untuk penggunanya dimulai dari pembayaran tagihan, elektronik, kecantikan, otomotif, dan kebutuhan sehari-hari. Pendekatan yang digunakan untuk penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Tokopedia dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 218 orang dan menggunakan teknik nonprobability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini dengan menggunakan kuisioner. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil bahwa secara parsial, ada pengaruh social media marketing terhadap brand image Tokopedia. Pada dimensi social media marketing, indikator komunikasi merupakan indikator yang tertinggi, dan pada dimensi brand image, indikator brand benefit and competence merupakan indikator tertinggi. Hubungan yang terjadi hanya sebesar 28,3%. Sisanya 71,7% dipengaruhi oleh faktor lain diluar kegiatan social media marketing. Kata kunci: e-commerce, social media marketing, brand image

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 17 Jun 2021 03:37
Last Modified: 17 Jun 2021 03:37
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31162

Actions (login required)

View Item View Item