KOMUNIKASI PERSUASIF TENTANG KESEHATAN MENTAL MELALUI KOMIK DIGITAL (STUDI PADA AKUN INSTAGRAM @PETUALANGANMENUJUSESUATU)

SEPTHIMORANIE H, PRISCILLA . (2020) KOMUNIKASI PERSUASIF TENTANG KESEHATAN MENTAL MELALUI KOMIK DIGITAL (STUDI PADA AKUN INSTAGRAM @PETUALANGANMENUJUSESUATU). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
priscila.pdf

Download (182kB)

Abstract

Abstrak: Kesehatan mental adalah suatu isu yang masih kurang populer dan jarang dibicarakan di Indonesia. Hal ini mendorong upaya untuk menyebarkan kesadaran tentang kesehatan mental, salah satunya dengan melakukan komunikasi persuasif melalui komik digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi persuasif tentang kesehatan mental melalui komik digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus dengan mengangkat kasus pada akun Instagram @petualanganmenujusesuatu. Penulis membandingkan data hasil wawancara, observasi, dan studi kepustakaan dan menghubungkannya dengan konsep komunikasi persuasif, kesehatan mental, dan komik digital. Hasil penelitian ini terdiri atas tiga hal, yaitu kejelasan tujuan komunikasi persuasif, penerapan strategi komunikasi persuasif, dan pentingnya visualisasi komik digital. Terdapat tiga tujuan komunikasi persuasif tentang kesehatan mental melalui komik digital, yaitu menyebarkan kesadaran tentang kesehatan mental (afektif), mengubah stigma negatif tentang kesehatan mental (kognitif), dan mendorong penderita gangguan kesehatan mental untuk mencari bantuan tenaga profesional (konatif). Strategi yang digunakan adalah strategi penyusunan pesan, pemilihan saluran, dan umpan balik. Selain itu, komunikasi persuasif tentang kesehatan mental juga dipengaruhi oleh visualisasi komik digital sebagai medianya melalui penggambaran karakter dan pemilihan warna. Kata kunci: Komunikasi Persuasif, Kesehatan Mental, Komik Digital

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 17 Jun 2021 03:45
Last Modified: 17 Jun 2021 03:45
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31164

Actions (login required)

View Item View Item