Samuel, Samuel (2022) Efektivitas Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen dalam menangani sengketa konsumen sector jasa keuangan. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
Cover-abstrak_Samuel_207201002 TESIS MIH 2022.pdf Download (265kB) |
|
Text
BAB 1-5 Daftar Pustaka_Samuel_207201002 TESIS MIH 2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Lampiran_Samuel_207201002 TESIS MIH 2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Dalam kehidupan sehari-hari setiap individu tidak dapat lepas dari kata konsumen, karena dalam aktivitasnya setiap manusia selalu menggunakan barang/jasa yang disediakan oleh pelaku usaha. Yang akan ditelaah adalah bagaimana kewenangan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen dalam penanganan sengketa konsumen di sektor jasa keuangan, bagaimana efektivitas Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen dalam menangani sengketa di sektor jasa keuangan, apa kendala yang dialami oleh Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum empiris. Dari sisi regulasi perlindungan konsumen sudah efektif, namun BPSK belum efektif menyelesaikan sengketa konsumen di sektor jasa keuangan. Beberapa kendala yang dihadapi BPSK antara lain komitmen pemerintah untuk menganggarkan biaya operasional dari dana APBD masih rendah, pengetahuan anggota BPSK tentang perlindungan konsumen masih belum memenuhi persyaratan, sarana dan prasarana BPSK masih sangat tergantung. pada kemampuan pemerintah kabupaten/kota, honorarium anggota BPSK masih di bawah standar upah minimum, rekrutmen calon anggota BPSK tidak memadai, putusan arbitrase BPSK meskipun final dan mengikat, masih dapat diajukan banding ke Pengadilan Negeri. kewenangan BPSK lebih diperjelas, efektivitas BPSK, anggota BPSK harus ditingkatkan agar lebih konsisten dan memahami aturan yang ada, kendala yang dihadapi BPSK harus menjadi perhatian khusus pemerintah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Prof. Dr. Amad Sudiro, S.H., M.H., M.M., M.Kn |
Uncontrolled Keywords: | Konsumen, Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen, Efektivitas |
Subjects: | Tesis Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | FH Perpus |
Date Deposited: | 25 Apr 2022 00:50 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 01:35 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35000 |
Actions (login required)
View Item |