PERAN ENGAGING LEADERSHIP TERHADAP KETERIKATAN KERJA DENGAN KETIDAKNYAMANAN KERJA SEBAGAI MODERATOR DITINJAU DARI SITUASI PROXIMAL WITHDRAWAL STATES

Ariani, Della (2022) PERAN ENGAGING LEADERSHIP TERHADAP KETERIKATAN KERJA DENGAN KETIDAKNYAMANAN KERJA SEBAGAI MODERATOR DITINJAU DARI SITUASI PROXIMAL WITHDRAWAL STATES. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3. Fulltext (29)-1-18.pdf

Download (837kB)

Abstract

Keterikatan kerja (work engagement) karyawan merupakan hal yang penting dimiliki oleh karyawan. Dengan memiliki keterikatan yang baik, karyawan akan bersemangat dalam bekerja, memiliki rasa bangga akan pekerjaannya, dan akan bekerja dengan emosi positif sehingga akan berpengaruh positif pada performa kerja karyawan yang dapat meningkatkan produktivitas. Dalam penelitian ini, keterikatan kerja ditinjau dari peran atasan yaitu dengan adanya engaging leadership pada diri atasan dengan melihat peran ketidaknyamanan kerja sebagai variabel moderator. Selain itu, penelitian ini juga mempertimbangkan situasi proximal withdrawal states yang tengah dialami karyawan. Dengan menggunakan teknik sampling cluster random sampling, sebanyak 378 karyawan telah berpartisipasi dalam penelitian. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan analisa regresi berganda. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat peran engaging leadership terhadap keterikatan kerja pada situasi enthusiastic leavers dan enthusiastic stayers, namun ketidaknyamanan kerja hanya menjadi moderator pada situasi enthusiastic leavers (p<.05, R2= .883).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: engaging leadership, keterikatan kerja, ketidaknyamanan kerja, proximal withdrawal states
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 19 May 2022 09:01
Last Modified: 19 May 2022 09:01
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35363

Actions (login required)

View Item View Item