Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Motivasi Berprestasi pada Remaja Akhir di Jakarta.

Ardhany, Avvazha Aisya (2022) Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Motivasi Berprestasi pada Remaja Akhir di Jakarta. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3. Fulltext (59) (1).pdf

Download (645kB)

Abstract

Menurut Erikson (dalam Papalia & Martorell, 2014) individu pada tahap remaja sedang berada pada tahap perkembangan psikososial identity versus identity confusion, yang artinya remaja pada tahap ini terus berusaha untuk mencari jati diri yang sesungguhnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui gambaran dan hubungan antara kecerdasan emosional dengan motivasi berprestasi pada remaja akhir di Jakarta. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Pada penelitian ini, peneliti memperoleh subyek sebanyak 120 subyek dengan kriteria individu remaja akhir dari usia 18 hingga 21 tahun yang berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa aktif di Jakarta. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah alat ukur variabel kecerdasan emosional dan alat ukur variabel motivasi berprestasi yang telah dikembangkan oleh bagian penelitian dan pengembangan Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara. Hasil analisis menggunakan korelasi Pearson memiliki nilai r (120) = 0.485, p = 0.000 < 0.05, dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa, kecerdasan emosional terbukti memiliki hubungan yang signifikan dan positif dengan motivasi berprestasi pada remaja akhir di Jakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pamela Hendra Heng, S.Pd., M.P.H., M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Motivasi Berprestasi, Remaja Akhir, Kuantitatif.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 27 May 2022 07:17
Last Modified: 27 May 2022 07:17
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35528

Actions (login required)

View Item View Item