Indrawan, Indrawan (2022) Gambaran Proses Terbentuknya Self-Acceptance pada Dewasa Awal yang Pernah Mengalami Physical Abuse;. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
File 3. Fulltext (63) (1).pdf Download (627kB) |
Abstract
Pengalaman yang akan didapat manusia selama proses membangun hubungan dapat berupa pengalaman positif maupun pengalaman negatif, salah satu contoh pengalaman negatif yang dapat dialami individu adalah abusive maltreatment dalam bentuk physical abuse. Korban physical abuse tidak selalu menunjukkan dampak atau perilaku negatif dan dampaknya tergantung dari cara individu memaknai pengalaman tersebut. Individu yang mampu menerima dirinya sendiri dapat memaknai pengalaman abuse dengan positif dan menunjukkan perilaku positif. Menurut Germer (2009), terdapat lima tahapan dalam penerimana diri seseorang, antara lain: (a) aversion, (b) curiosity, (c) tolerance, (d) allowing, dan (e) friendship. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran proses terbentuknya self-acceptance pada dewasa awal yang pernah mengalami physical abuse. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara interview yang melibatkan tiga orang subjek individu dewasa awal dengan rentang usia 21 - 23 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga subjek sudah ada dalam tahapan terbentuknya self-acceptance dengan tahapan tolerance hingga friendship. Subjek K telah sampai pada proses tahap tolerance, subjek J telah sampai pada proses tahap allowing, dan subjek A saat ini sampai pada tahap friendship.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Heryanti Satyadi, M. Si., Psi.; |
Uncontrolled Keywords: | Self-Acceptance, Individu Dewasa Awal, dan Physical Abuse. |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 27 May 2022 07:32 |
Last Modified: | 27 May 2022 07:32 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35534 |
Actions (login required)
View Item |