Hubungan antara Kesesuaian Orang-Pekerjaan dengan Keterikatan Kerja pada Guru Honorer di Muaradua

Veronica, Veronica (2022) Hubungan antara Kesesuaian Orang-Pekerjaan dengan Keterikatan Kerja pada Guru Honorer di Muaradua. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
File 3. Fulltext (2)-1-14.pdf

Download (307kB) | Preview

Abstract

Guru honorer memiliki peranan yang sama pentingnya dengan guru tetap untuk dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Namun peranannya seringkali luput dalam pertimbangan penyusunan kebijakan pendidikan (Fauzi & Syafar 2017). Keterikatan kerja merupakan aspek penting yang mempengaruhi performansi atau kinerja seorang pekerja termasuk dalam hal ini adalah guru. Penelitian ini melibatkan 40 responden guru honorer yang bekerja di Muaradua. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif non eksperimental. Alat ukur yang digunakan adalah Utrecht Work Engagement Scale-17/ (UWES-17) untuk keterikatan kerja sedangkan untuk kesesuaian orang-pekerjaan menggunakan Perceived Person-Job Fit Scale (2002). Hasil analisis data menggunakan teknik korelasi pearson pada person vocational r=0.602, p=.000 (p< 0.05), demand abilities r=0.592, p= .000 (p< 0.05), person group r= 0.326, p=0.040, need supplies r=0.327, p=0.039 (p< 0.05), value r= 0.105 p = 0.517 (p< 0.05). Secara total hubungan kesesuaian orang-pekerjaan dan keterikatan kerja memiliki r=0.632, p<0.01. Artinya semakin tinggi kesesuaian orang-pekerjaan, semakin baik keterikatan kerja yang di miliki oleh guru honorer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. P. Tommy Y. S. Suyasa, Psi & Kiky D.H. Saraswati, M. Psi., Psi., T.
Uncontrolled Keywords: Kesesuaian orang-pekerjaan, Keterikatan Kerja, Guru Honorer
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 30 May 2022 06:40
Last Modified: 30 May 2022 06:40
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35616

Actions (login required)

View Item View Item