Peran Regulasi Diri dalam Belajar dan Keterlibatan Akademik terhadap Intensi Mengundurkan Diri Mahasiswa S1 dengan Resiliensi Sebagai Mediator (Studi di Universitas X)

Pattynama, Pricilia Claudia (2022) Peran Regulasi Diri dalam Belajar dan Keterlibatan Akademik terhadap Intensi Mengundurkan Diri Mahasiswa S1 dengan Resiliensi Sebagai Mediator (Studi di Universitas X). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Text (1).pdf

Download (825kB)

Abstract

Pengunduran diri dari perkuliahan merupakan salah satu fenomena yang banyak terjadi pada mahasiswa, terutama mahasiswa strata 1 (S1) di institusi swasta. Penyebab utama fenomena ini adalah adanya intensi mengundurkan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran regulasi diri dalam belajar dan keterlibatan akademik terhadap intensi mengundurkan diri dari perkuliahan. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk menguji resiliensi sebagai variabel mediator. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan 348 mahasiswa yang terdaftar di sebuah Universitas di Jakarta, Indonesia sebagai partisipan penelitian. Partisipan penelitian berusia 18 hingga 25 tahun. Pengambilan data dilakukan menggunakan empat alat ukur yang diadaptasi dari instrumen sebelumnya. Alat ukur tesebut mengukur regulasi diri dalam belajar, keterlibatan akademik, resiliensi dan intensi mengundurkan diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa resiliensi merupakan variabel mediator antara regulasi diri dalam belajar dan keterlibatan akademik terhadap intensi mengundurkan diri dari perkuliahan. Intensi tinggi untuk mengundurkan diri ditemukan pada mahasiswa di fakultas kedokteran serta mahasiswa tahun kedua. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa keterlibatan akademik paling berkontribusi terhadap intensi mengundurkan diri dibandingkan regulasi diri dalam belajar dan resiliensi. Berdasarkan hasil penelitian, mahasiswa perlu meregulasi diri dalam perkuliahan, membangun rasa terlibat dengan proses studi, serta perlu memiliki resiliensi agar semakin memiliki intensi rendah untuk mengundurkan diri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Riana Sahrani, Psikolog & Pamela Hendra Heng, S.Pd., M.P.H., M.A., PhD.
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, regulasi diri dalam belajar, keterlibatan akademik, intensi mengundurkan diri, resiliensi.
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 08 Jun 2022 02:49
Last Modified: 08 Jun 2022 02:49
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35911

Actions (login required)

View Item View Item