Peran Komitmen Organisasi Terhadap Perilaku Kewarganegaraan Organisasi pada Karyawan (Studi Pada PT X yang Bergerak di Bidang Pengelolaan Kawasan Industri)

Christina, Sophia (2023) Peran Komitmen Organisasi Terhadap Perilaku Kewarganegaraan Organisasi pada Karyawan (Studi Pada PT X yang Bergerak di Bidang Pengelolaan Kawasan Industri). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Sophia Christina_705190024.pdf

Download (622kB) | Preview

Abstract

Perilaku Kewarganegaraan Organisasi (PKO) merupakan perilaku yang diharapkan perusahaan pada karyawannya, yaitu peran ekstra karyawan yang memberikan dampak terhadap kemajuan organisasi, meskipun tidak terdapat penghargaan maupun hukuman secara resmi dari organisasi. Perilaku kewarganegaraan organisasi seringkali dikaitkan dengan komitmen organisasi, yaitu sikap atau perilaku karyawan yang menunjukkan adanya keterikatan dengan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran komitmen organisasi terhadap perilaku kewarganegaraan organisasi pada karyawan. Penelitian dilakukan pada 151 karyawan yang bekerja di beberapa unit perusahaan J, B, dan C dari pengelola kawasan industri di Cikarang. Hasil observasi pada karyawan menunjukkan bahwa karyawan telah memiliki perilaku kewarganegaraan organisasi yang tinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian non – experimental dengan menggunakan metode predictive correlational. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen organisasi berperan secara positif dan signifikan terhadap perilaku kewarganegaraan organisasi. Berdasarkan tiga dimensi komitmen organisasi, hanya komitmen affective yang memiliki peran yang positif dan signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ir. Rita Markus Idulfilastri, M. Psi.
Uncontrolled Keywords: Perilaku kewarganegaraan organisasi, komitmen organisasi, karyawan
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 08 Feb 2023 08:13
Last Modified: 08 Feb 2023 08:13
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38428

Actions (login required)

View Item View Item