PENGARUH LEVERAGE, FIRM SIZE, DAN PROFITABILITY TERHADAP FIRM VALUE PADA PERUSAHAAN CONSUMER NON-CYCLICALS DI BEI

Clarissa, Johanna (2023) PENGARUH LEVERAGE, FIRM SIZE, DAN PROFITABILITY TERHADAP FIRM VALUE PADA PERUSAHAAN CONSUMER NON-CYCLICALS DI BEI. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Johanna Clarissa - 125200031 JA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRACT The study aims to determine the effect of leverage, firm size, and profitability on firm value of consumer non-cyclicals companies on IDX in 2020-2022. The technique used in the sample selection of this research is purposive sampling, where the number of samples selected is 41 consumer non-cyclicals companies. This research uses secondary data and performs a multiple linear regression test with Eviews software version 12 and Microsoft Excel 2021. The result of this research showed that leverage had a positive and insignificant effect on firm value, firm size had a negative and significant effect on firm value, and profitability had a positive and significant effect on firm value. The implications of this research are the need to increase the size and management so that the company’s value can rise and can give positive signals to investors. Keywords : Leverage, Firm Size, Profitability, Firm Value. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage, firm size, dan profitability terhadap firm value pada perusahaan consumer non-cyclicals di BEI pada periode 2020-2022. Teknik yang digunakan dalam pemilihan sampel penelitian ini adalah teknik purposive sampling, dimana jumlah sampel yang terpilih sebanyak 41 perusahaan consumer non-cyclicals. Penelitian ini menggunakan data sekunder dan melakukan uji regresi linear berganda dengan software Eviews versi 12 dan Microsoft Excel 2021. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa leverage berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap firm value, firm size berpengaruh negatif dan signifikan terhadap firm value, dan profitability berpengaruh positif dan signifikan terhadap firm value. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya meningkatkan ukuran dan manajemen sehingga nilai perusahaan dapat meningkat dan dapat memberikan sinyal positif bagi investor. Kata kunci : Leverage, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Nilai Perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 05 Aug 2024 07:51
Last Modified: 05 Aug 2024 07:51
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/43671

Actions (login required)

View Item View Item