PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP INTENSI GENERASI Z DALAM BERWIRAUSAHA MELALUI PLATFORM SOCIAL COMMERCE DI TIKTOK SHOP

Widianta, Antanius Mario Axel (2023) PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP INTENSI GENERASI Z DALAM BERWIRAUSAHA MELALUI PLATFORM SOCIAL COMMERCE DI TIKTOK SHOP. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Antonius Mario Axel Widianta - 115200286 JA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRACT UNIVERSITAS TARUMANAGARA FACULTY OF ECONOMICS AND BUSINESS JAKARTA (A) ANTONIUS MARIO AXEL WIDIANTA 115200286 (B) THE INFLUENCE OF PSYCHOLOGICAL FACTORS ON GENERATION Z'S INTENTION TO ENGAGE IN ENTREPRENEURSHIP THROUGH THE SOCIAL COMMERCE PLATFORM AT TIKTOK SHOP. (C) XVII +93 Pages, 20 Table, 3 Pictures (D) ENTREPRENEURSHIP (E) Abstract: This study was conducted to see the effect of perceptions of business opportunities, entrepreneurial motivation, and self-efficacy on generation z entrepreneurial intentions through the TikTok Shop platform. The sample taken amounted to 100 people who are generation Z (aged 18-24 years) in the West Jakarta area and have used the Tiktok Shop platform. This research method uses purposive sampling which is carried out by distributing questionnaires and processed with Partial Least Square (PLS-SEM) techniques to test the relationship between variables through the help of SmartPLS 4.0.9.8 software. The hypothesis results of this study indicate a positive and significant influence between perceived business opportunities, entrepreneurial motivation and self-efficacy on generation Z's intention to become entrepreneurs through the TikTok Shop platform. The results of path coefficient testing show that the relationship between perceptions of business opportunities, entrepreneurial motivation and self-efficacy has a positive influence on generation Z's entrepreneurial intention through the TikTok Shop platform but the self-efficacy variable has the strongest relationship. Model testing was also conducted and showed that this model has good predictive relevance and goodness of fit. (F) Keywords: Perception of Business Opportunities, Entrepreneurial Motivation, Self- Efficacy, Entrepreneurial Intentions (G) References 55 (1932-2023) (H) RR. KARTIKA NURINGSIH, S.E., M.Si ABSTRAK UNIVERSITAS TARUMANAGARA FACULTY OF ECONOMICS AND BUSINESS JAKARTA (A) ANTONIUS MARIO AXEL WIDIANTA 115200286 (B) PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP INTENSI GENERASI Z DALAM BERWIRAUSAHA MELALUI PLATFORM SOCIAL COMMERCE DI TIKTOK SHOP (C) XVII +93 Pages, 20 Table, 3 Pictures (D) KEWIRAUSAHAAN (E) Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh dari persepsi terhadap peluang bisnis, motivasi berwirausaha, dan self-efficacy terhadap intensi berwirausaha generasi z melalui platform TikTok Shop. Sampel yang diambil berjumlah 100 orang yang merupakan generasi Z (berusia 18 – 24 tahun) di daerah Jakarta Barat dan pernah menggunakan platform Tiktok Shop. Metode penelitian ini menggunakan purposive sampling yang dilakukan dengan menyebarkan kusioner dan diolah dengan teknik Partial Least Square (PLS-SEM) untuk menguji hubungan antar variabel melalui bantuan software SmartPLS 4.0.9.8. Hasil hipotesis dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi peluang bisnis, motivasi berwirausaha dan self-efficacy terhadap intensi generasi Z untuk berwirausaha melalui platform TikTok Shop. Hasil pengujian path coefficient menunjukkan bahwa hubungan antara persepsi terhadap peluang bisnis, motivasi berwirausaha dan self-efficacy memiliki pengaruh yang positif terhadap intensi berwirausaha generasi Z melalui platform TikTok Shop namun variabel self-efficacy yang memiliki hubungan paling kuat. Pengujian model juga dilakukan dan menunjukkan bahwa model ini memiliki nilai predictive relevance dan goodness of fit yang baik. (F) Kata Kunci: Persepsi Peluang Bisnis; Motivasi Berwirausaha; Kepercayaan Diri; Intensi Berwirausaha (G) Daftar Acuan 55 (1932-2023) (H) RR. KARTIKA NURINGSIH, S.E., M.Si

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 08 Aug 2024 06:40
Last Modified: 08 Aug 2024 06:40
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/43773

Actions (login required)

View Item View Item