PENGARUH MEDIA SOSIAL, INOVASI PRODUK, DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KINERJA USAHA UMKM MAKANAN DAN MINUMAN DI JAKARTA PUSAT

Aulia, Dheandra (2023) PENGARUH MEDIA SOSIAL, INOVASI PRODUK, DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KINERJA USAHA UMKM MAKANAN DAN MINUMAN DI JAKARTA PUSAT. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Dheandra Aulia - 115200006 JA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRACT UNIVERSITAS TARUMANAGARA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS JAKARTA (A) DHEANDRA AULIA (115200006) (B) THE INFLUENCE OF SOCIAL MEDIA, PRODUCT INNOVATION, AND FAMILY SUPPORT ON THE BUSINESS PERFORMANCE OF FOOD AND BEVERAGE SMEs IN CENTRAL JAKARTA (C) XIV + 77 Pages, 20 Tables, 9 Pictures, 5 Appendix (D) ENTREPRENEURSHIP (E) Abstract: The development of Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) currently plays a crucial role in the economic sector, with one dominant type being food and beverage MSMEs. This research aims to empirically examine the influence of social media, product innovation, and family support on the performance of food and beverage MSMEs in Central Jakarta. The study adopts a quantitative method with a causal approach. The research population consists of food and beverage MSME operators in Central Jakarta. Sampling is conducted using a non-probability method employing purposive sampling techniques, involving 80 respondents. The data analysis employs Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) using SmartPLS 4 v.4.0.9.8 software. Hypothesis testing results indicate that social media has a positive and significant influence on business performance. Furthermore, product innovation has a positive but not significant impact on business performance. Additionally, family support has a positive and significant effect on business performance. (F) Social Media, Product Innovation, Family Support, Business Performance (G) Reference 52 (1984 – 2023) (H) Ida Puspitowati, S.E., M.E. ABSTRAK UNIVERSITAS TARUMANAGARA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS JAKARTA (A) DHEANDRA AULIA (115200006) (B) PENGARUH MEDIA SOSIAL, INOVASI PRODUK, DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KINERJA USAHA UMKM MAKANAN DAN MINUMAN DI JAKARTA PUSAT (C) XIV + 77 Halaman, 20 Tabel, 9 Gambar, 5 Lampiran (D) KEWIRAUSAHAAN (E) Abstrak: Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) saat ini memegang peranan penting di sektor perekonomian, salah satu jenis UMKM yang mendominasi adalah UMKM makanan dan minuman. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh media sosial, inovasi produk, dan dukungan keluarga terhadap kinerja usaha UMKM makanan dan minuman di Jakarta Pusat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kausal. Populasi penelitian adalah pelaku UMKM makanan dan minuman di Jakarta Pusat. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability menggunakan teknik purposive sampling terhadap 80 responden. Analisis data yang digunakan adalah Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) menggunakan software SmartPLS 4 v.4.0.9.8. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa media sosial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha. Selanjutnya, inovasi produk memiliki pengaruh positif yang tidak signifikan terhadap kinerja usaha. Kemudian, dukungan keluarga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha. (F) Media Sosial, Inovasi Produk, Dukungan Keluarga, Kinerja Usaha (G) Referensi 52 (1984 – 2023) (H) Ida Puspitowati, S.E., M.E.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 12 Aug 2024 04:01
Last Modified: 12 Aug 2024 04:01
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/43821

Actions (login required)

View Item View Item