PENGARUH KOMPETENSI STRATEGIS DAN KOMPETENSI ETIKA TERHADAP PERTUMBUHAN BISNIS PAKAIAN DI TEGAL MELALUI KOMPETENSI JARINGAN

Tjan, Georgio Franklin (2023) PENGARUH KOMPETENSI STRATEGIS DAN KOMPETENSI ETIKA TERHADAP PERTUMBUHAN BISNIS PAKAIAN DI TEGAL MELALUI KOMPETENSI JARINGAN. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Georgio Franklin Tjan - 115200217 JA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRACT UNIVERSITAS TARUMANAGARA FACULTY OF ECONOMICS AND BUSINESS JAKARTA (A) Georgio Franklin Tjan (115200217) (B) THE EFFECT OF STRATEGIC COMPETENCE AND ETHICAL COMPETENCE ON CLOTHING BUSINESS GROWTH IN TEGAL THROUGH NETWORK COMPETENCE. (C) XVII + 83 Pages, 19 Tables, 9 Pictures, 6 Attachments (D) ENTREPRENEURIAL MANAGEMENT (E) Abstract: The purpose of this study was to determine the effect of strategic competence, ethical competence, network competence on the growth of micro, small and medium enterprises (MSMEs) in the clothing sector in Tegal. The population in this study focused on MSME entrepreneurs in the clothing sector. The sample in this study amounted to 80 respondents as owners of clothing MSMEs in Tegal, Central Java. Questionnaires were distributed directly to the owners of clothing MSMEs which took place during November 2023. This study uses non-probability sampling techniques with purposive sampling method. The scale used is a Likert scale, using the Smart Partial Least Square (SmartPLS) version 3.0 application as a data analysis method. This study shows the results that a) Strategic Competence has an influence on Business Growth of Clothing MSMEs in Tegal. b) Strategic Competence has an influence on Network Competence of Clothing MSMEs in Tegal. c) Network Competence does not mediate Strategic Competence on Business Growth of Clothing MSMEs in Tegal. d) Ethical Competence has no influence on Business Growth of Clothing MSMEs in Tegal. e) Ethical Competence has an influence on Network Competence of Clothing MSMEs in Tegal. f) Network Competence does not mediate Ethical Competence on Business Growth of Clothing MSMEs in Tegal. g) Network Competence has no influence on Business Growth of Clothing MSMEs in Tegal. (F) Keywords: Strategic Competence, Ethical Competence, Network Competence, and Business Growth (G) References 51 (1975 - 2023) (H) Louis Utama S.E., M.M. ABSTRAK UNIVERSITAS TARUMANAGARA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS JAKARTA (A) Georgio Franklin Tjan (115200217) (B) PENGARUH KOMPETENSI STRATEGIS DAN KOMPETENSI ETIKA TERHADAP PERTUMBUHAN BISNIS PAKAIAN DI TEGAL MELALUI KOMPETENSI JARINGAN (C) XVII + 83 Halaman, 19 Tabel, 9 Gambar, 6 Lampiran (D) MANAJEMEN KEWIRAUSAHAAN (E) Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi strategis, kompetensi etika, kompetensi jaringan terhadap pertumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) bidang pakaian di Tegal. Populasi dalam penelitian ini difokuskan terhadap pengusaha UMKM pada bidang pakaian. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 responden selaku pemilik UMKM pakaian di Tegal, Jawa Tengah. Kuisioner dibagikan secara langsung kepada pemilik UMKM pakaian yang berlangsung selama November 2023. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Skala yang digunakan adalah skala likert, dengan menggunakan aplikasi Smart Partial Least Square (SmartPLS) versi 3.0 sebagai metode analisis data. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa a) Kompetensi Strategis memiliki pengaruh terhadap Pertumbuhan Bisnis UMKM Pakaian di Tegal. b) Kompetensi Strategis memiliki pengaruh terhadap Komptensi Jaringan UMKM Pakaian di Tegal. c) Komptensi Jaringan tidak memediasi Kompetensi Strategis terhadap Pertumbuhan Bisnis UMKM Pakaian di Tegal. d) Kompetensi Etika tidak memiliki pengaruh terhadap Pertumbuhan Bisnis UMKM Pakaian di Tegal. e) Kompetensi Etika memiliki pengaruh terhadap Komptensi Jaringan UMKM Pakaian di Tegal. f) Komptensi Jaringan tidak memediasi Kompetensi Etika terhadap Pertumbuhan Bisnis UMKM Pakaian di Tegal. g) Kompetensi Jaringan tidak memiliki pengaruh terhadap Pertumbuhan Bisnis UMKM Pakaian di Tegal. (F) Kata Kunci: Kompetensi Strategis, Kompetensi Etika, Kompetensi Jaringan, dan Pertumbuhan Bisnis (G) Referensi 51 (1975 - 2023) (H) Louis Utama S.E., M.M.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 19 Aug 2024 02:20
Last Modified: 19 Aug 2024 02:20
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/43914

Actions (login required)

View Item View Item