PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA BISNIS USAHA PUSAT KEBUGARAN DI JAKARTA BARAT DENGAN INOVASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Purwanto, Gilbert Imanuel (2023) PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA BISNIS USAHA PUSAT KEBUGARAN DI JAKARTA BARAT DENGAN INOVASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Gilbert Imanuel P - 115200036 JA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRACT TARUMANAGARA UNIVERSITY FACULTY OF ECONOMY AND BUSINESS JAKARTA (A). GILBERT IMANUEL PURWANTO (115200036) (B). THE INFLUENCE OF MARKET ORIENTATION ON FITNESS CENTER BUSINESS PERFORMANCE IN WEST JAKARTA WITH INNOVATION AS A MEDIATION VARIABLE (C). xvi + 69 pages, 19 tables, 3 images, 11 attachments (D). ENTREPRENEURSHIP MANAGEMENT (E). According to data, the growth rate of fitness centers in Indonesia since 2022 has continued to increase. Therefore, this research aims to examine the influence of market orientation on the business performance of fitness centers in West Jakarta with innovation as mediation. The sample selection technique used in this research was a non-probability sampling technique using a purposive sampling method. The sample in this study consisted of 80 respondents who were owners or management of fitness center businesses in West Jakarta. The data analysis process was carried out using the SEM-PLS method. The results of this research show that there is a positive and significant influence between customer orientation and innovation on business performance, as well as a significant influence between customer orientation and innovation. However, this research shows that there is an insignificant influence between the direct relationship between competitor orientation and business performance. But this relationship becomes significant if it is mediated by the innovation variable. (F). Keywords: Customer Orientation, Competitor Orientation, Innovation, Business Performance (G). Reference list: 53 (1982 - 2023) (H). Andi Wijaya, S.E., M.M. ABSTRAK UNIVERSITAS TARUMANAGARA FAKULTAS EKONOMI & BISNIS JAKARTA (A). GILBERT IMANUEL PURWANTO (B). PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA BISNIS USAHA PUSAT KEBUGARAN DI JAKARTA BARAT DENGAN INOVASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (C). xvi + 69 halaman, 19 tabel, 3 gambar, 11 lampiran (D). MANAJEMEN KEWIRAUSAHAAN (E). Menurut data, tingkat pertumbuhan pusat kebugaran di Indonesia sejak 2022 terus meningkat. Maka dari itu penelitian ini memiliki tujuan untuk meneliti pengaruh dari orientasi pasar terhadap kinerja bisnis usaha pusat kebugaran di Jakarta Barat dengan inovasi sebagai mediasi. Teknik pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah memakai teknik non-probability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini memiliki jumlah sebesar 80 responden yang merupakan pemilik atau manajemen bisnis usaha pusat kebugaran di Jakarta Barat. Proses analisis data dilakukan dengan menggunakan metode SEM-PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang positif serta signifikan untuk orientasi pelanggan dan inovasi terhadap kinerja bisnis, serta pengaruh yang signifikan antara orientasi pelanggan terhadap inovasi. Namun penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara hubungan langsung orientasi pesaing dengan kinerja bisnis. Tetapi hubungan ini menjadi signifikan jika dimediasi oleh variabel inovasi. (F). Kata Kunci: Orientasi Pelanggan, Orientasi Pesaing, Inovasi, Kinerja Bisnis (G). Daftar Pustaka: 53 (1982 - 2023) (H). Andi Wijaya, S.E., M.M.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 19 Aug 2024 02:22
Last Modified: 19 Aug 2024 02:22
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/43915

Actions (login required)

View Item View Item