EFIKASI DIRI BERWIRAUSAHA, MOTIVASI BERWIRAUSAHA, DAN PEMASARAN DIGITAL TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PADA UMKM SEKTOR KULINER

Chandra, Laura Rebeca (2023) EFIKASI DIRI BERWIRAUSAHA, MOTIVASI BERWIRAUSAHA, DAN PEMASARAN DIGITAL TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PADA UMKM SEKTOR KULINER. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Laura Rebeca Chandra - 115200148 JA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRACT TARUMANAGARA UNIVERSITY FACULTY OF ECONOMIC AND BUSINESS JAKARTA (A) LAURA REBECA CHANDRA (B) ENTREPRENEURIAL SELF-EFFICACY, ENTREPRENEURIAL MOTIVATION, AND DIGITAL MARKETING ON BUSINESS SUCCESS IN MSMEs IN THE CULINARY SECTOR (C) 74 pages, 2023, 17 tabels, 10 figures, 4 attachments (D) ENTREPRENEURIAL MANAGEMENT (E) Abstract : The aim of this research is to determine empirically 1) The influence of entrepreneurial self-efficacy on business success; 2)The influence of entrepreneurial motivation on business success; 3) The influence of digital marketing on business success. The sampling technique used was non-probability sampling and the sample selection technique used was purposive sampling. Data collection used a questionnaire instrument via Google Form software with a sample size of 70 respondents. The data analysis technique uses SEM-PLS (Structural Equation Modeling- Partial Least Squares) using SmartPLS ver. 4.0 software. The samples in this research were MSMEs in the culinary sector that opened their businesses in the Duri Kosambi District area, including Taman Semanan Indah, Kosambi Baru, and Kresek Raya. The results of this research are 1) Self-efficacy has a positive and significant effect on business success, 2) Entrepreneurial Motivation has a positive and significant effect on business success, 3) Digital marketing has a positive and significant effect on business success. (F) Keyword : Culinary MSMEs, Business Success, Entrepreneurial Self-Efficacy, Entrepreneurial Motivation, Digital Marketing, (G) References (62) (1978-2023) (H) Nur Hidayah, S.E., M.M ABSTRAK UNIVERSITAS TARUMANAGARA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS JAKARTA (A) LAURA REBECA CHANDRA (B) EFIKASI DIRI BERWIRAUSAHA, MOTIVASI BERWIRAUSAHA, DAN PEMASARAN DIGITAL TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PADA UMKM SEKTOR KULINER (C) 74 halaman, 2023, 17 tabel, 10 gambar, 4 lampiran (D) MANAJEMEN KEWIRAUSAHAAN (E) Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara empiris 1) pengaruh efikasi diri wirausaha terhadap keberhasilan usaha, 2) pengaruh motivasi wirausaha terhadap keberhasilan usaha, 3) pengaruh pemasaran digital terhadap keberhasilan usaha. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non- probability sampling dan teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner melalui software Google Form dengan jumlah sampel sebanyak 70 responden. Teknik analisis data menggunakan SEM-PLS (Structural Equation Modeling- Partial Least Squares) dengan menggunakan software SmartPLS ver. 4.0. Sampel dalam penelitian ini adalah UMKM sektor kuliner yang membuka usahanya di wilayah Kecamatan Duri Kosambi antara lain Taman Semanan Indah, Kosambi Baru, dan Kresek Raya. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan signifikan terhadap keberhasilan usaha, 2) Motivasi Wirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha, 3) Pemasaran digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha. (E) Kata Kunci : UMKM Kuliner, Keberhasilan Usaha, Efikasi Diri Berwirausaha; Motivasi Berwirausaha; Pemasaran Digital (F) Daftar Pustaka (62) (1978-2023) (G) Nur Hidayah, S.E., M.M

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 29 Aug 2024 03:17
Last Modified: 29 Aug 2024 03:17
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44013

Actions (login required)

View Item View Item