PENGARUH SOCIAL MEDIA, ENTREPRENEURIAL ORIENTATION, DAN INNOVATION TERHADAP KINERJA USAHA UMKM KULINER DI JAKARTA BARAT DENGAN VARIABEL CUSTOMER ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Nurmila, Rina (2023) PENGARUH SOCIAL MEDIA, ENTREPRENEURIAL ORIENTATION, DAN INNOVATION TERHADAP KINERJA USAHA UMKM KULINER DI JAKARTA BARAT DENGAN VARIABEL CUSTOMER ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Rina Nurmilah - 115200118 JA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRACT TARUMANAGARA UNIVERSITY FACULTY OF ECONOMICS AND BUSINESS JAKARTA (A) RINA NURMILAH (115200118) (B) THE INFLUENCE OF SOCIAL MEDIA, ENTREPRENEURIAL ORIENTATION, AND INNOVATION ON THE PERFORMANCE OF CULINARY UMKM VENTURES IN WEST JAKARTA WITH CUSTOMER ENGAGEMENT VARIABLES AS MEDIATING VARIABLES. (C) XVII + 115 Pages, 36 Table, 3 Pictures, 5 Attachment (D) ENTREPRENEURIAL MANAGEMENT (E) Abstract: The purpose of this study was to determine 1) the effect of social media on venture performance 2) the effect of entrepreneurial orientation on venture performance 3) the effect of innovation on venture performance 4) the effect of social media on customer engagement as a mediating variable 5) the effect of customer engagement as a mediating variable on venture performance. The sample selection technique used in this study was non probability sampling and the sampling technique used purposive sampling technique. Data was taken using an online and offline google form questionnaire with a total of 200 respondents. Processing of this research data using SmartPLS 4.0.9. The sample in this study are culinary MSME owners in West Jakarta. The results of this study are 1) social media has no positive and insignificant effect on venture performance 2) entrepreneurial orientation has a positive and significant effect on venture performance 3) innovation has a positive and significant effect on venture performance 4) social media has a positive and significant effect on customer engagement as a mediating variable 5) customer engagement as mediation has a positive and significant effect on venture performance. (F) Keywords: social media, entrepreneurial orientation, innovation, customer engagement, venture performance. (G) Reference: 60 (2018 – 2023) (H) Arifin Djakasaputra S.E., S.KOM., M.Si. ABSTRAK UNIVERSITAS TARUMANAGARA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS JAKARTA (A) RINA NURMILAH (115200118) (B) PENGARUH SOCIAL MEDIA, ENTREPRENEURIAL ORIENTATION, DAN INNOVATION TERHADAP KINERJA USAHA UMKM KULINER DI JAKARTA BARAT DENGAN VARIABEL CUSTOMER ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (C) XVII + 115 Halaman, 36 Tabel, 3 Gambar, 5 Lampiran (D) MANAJEMEN KEWIRAUSAHAAN (E) Abstrak : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh social media terhadap kinerja usaha 2) pengaruh entrepreneurial orientation terhadap kinerja usaha 3) pengaruh innovation terhadap kinerja usaha 4) pengaruh social media terhadap customer engagement sebagai variabel mediasi 5) pengaruh customer engagement sebagai variabel mediasi terhadap kinerja usaha. Teknik pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data diambil menggunakan kuesioner online dan offline google form dengan jumlah total sebanyak 200 responden. Pengolahan data penelitian ini menggunakan SmartPLS 4.0.9. sampel data penelitian ini adalah pemilik UMKM kuliner di wilayah Jakarta Barat. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) social media tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja usaha 2) entrepreneurial orientation berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha 3) innovation berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha 4) social media secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap customer engagement sebagai variabel mediasi 5) customer engagement sebagai mediasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha. (F) Kata kunci : social media, entrepreneurial orientation, innovation, customer engagement, kinerja usaha. (G) Daftar Acuan : 60 (2018 – 2023) (H) Arifin Djakasaputra S.E., S.KOM., M.Si.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 02 Sep 2024 02:45
Last Modified: 02 Sep 2024 02:45
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44065

Actions (login required)

View Item View Item