Menilai pengendalian internal credit union Indonesia dengan menggunakan COSO ERM FRAMEWORK: studi kasus di credit union kridha rahardja

Hidayat, Nita (2023) Menilai pengendalian internal credit union Indonesia dengan menggunakan COSO ERM FRAMEWORK: studi kasus di credit union kridha rahardja. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Nita Hidayat 126231109 JA.pdf

Download (459kB) | Preview

Abstract

Kerangka kerja COSO ERM telah banyak digunakan untuk menilai kualitas internal kontrol di banyak perusahaan nirlaba. Namun, penerapan Kerangka Kerja COSO ERM untuk organisasi nirlaba dan perusahaan sosial yang memiliki tujuan ganda seperti credit union masih terbatas. Penelitian ini mengevaluasi seberapa efektif dan komprehensif penerapan pengendalian internal di dalam Credit Union di Indonesia, sebuah perusahaan sosial berbasis anggota yang menawarkan layanan keuangan kepada kelompok masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah. Penelitian ini merupakan studi kasus kolaboratif antara peneliti dan praktisi credit union. Para peserta berbagi perspektif mereka melalui umpan balik kuesioner, wawancara, dan diskusi kelompok terfokus, untuk memeriksa kegiatan pengendalian dalam organisasi dan mengidentifikasi risiko yang dapat berdampak pada tujuan organisasi. Temuantemuan tersebut menunjukkan adanya kebutuhan yang sangat penting untuk membentuk manual operasional dengan struktur dan kebijakan yang terperinci. Selain itu, rasa loyalitas merupakan kunci untuk meningkatkan partisipasi anggota dalam berbagai kegiatan di dalam organisasi. Kata kunci: Pengendalian internal, Penilaian risiko, Kerangka kerja COSO ERM, Perusahaan sosial, Koperasi kredit, Indonesia, Studi kasus, Lembaga keuangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 20 Sep 2024 02:56
Last Modified: 23 Sep 2024 05:36
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44674

Actions (login required)

View Item View Item