Perancangan buku reflesksi interaktif untuk pengembangan karakter siswa kelas 1 SD Gita Bangsa School (DKV - 3055)

Patricia, Catherine (2024) Perancangan buku reflesksi interaktif untuk pengembangan karakter siswa kelas 1 SD Gita Bangsa School (DKV - 3055). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
625200087_CATHERINE_Cover.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
625200087_CATHERINE_Pengesahan.pdf

Download (2kB) | Preview
[img]
Preview
Text
625200087_CATHERINE_Daftar Isi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text
625200087_CATHERINE_Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] Text
625200087_CATHERINE_Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
625200087_CATHERINE_Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB)
[img] Text
625200087_CATHERINE_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] Text
625200087_CATHERINE_Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)
[img]
Preview
Text
625200087_CATHERINE_Daftar Pustaka.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

Program refleksi adalah inisiatif yang dibuat oleh SD Gita Bangsa School untuk mendukung perkembangan karakter siswa sejak usia dini, yang berpedoman pada nilai-nilai inti atau core values sekolah, seperti jujur, bertanggung jawab, hormat, dan disiplin. Meskipun program ini telah berlangsung selama beberapa waktu, evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan refleksi yang dilaksanakan tidak cukup efektif. Sebagai respons terhadap temuan tersebut, tim pengembangan mengusulkan ide untuk memperbarui program refleksi dengan menggunakan pendekatan visual. Pembaruan ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas program dengan menyajikan konten refleksi yang disesuaikan dengan tingkat literasi dan kognitif siswa kelas satu SD. Dengan demikian, tujuan dari perancangan ini adalah untuk merancang tampilan visual buku refleksi interaktif. Proses perancangan buku refleksi interaktif ini difokuskan pada penggunaan elemen visual dan tata letak yang mendukung kegiatan refleksi. Metode design thinking digunakan sebagai panduan utama dalam proses perancangan ini. Selain itu, data lapangan juga dikumpulkan melalui wawancara, studi pustaka, dan survei yang ditujukan kepada siswa kelas satu SD Gita Bangsa School sebagai target audience. Hasil akhir dari perancangan ini adalah buku berukuran 20x20cm dengan ketebalan 48 halaman, yang dirancang untuk digunakan oleh siswa kelas satu di SD Gita Bangsa School.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain
Divisions: Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 22 Sep 2024 09:18
Last Modified: 22 Sep 2024 09:18
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44757

Actions (login required)

View Item View Item