Analisis Terhadap Pendaftaran Merek Terkenal “Ki Kagon” berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis (Studi Putusan Pengadilan Niaga Nomor 28/Pdt.Sus-HKI/Merek/2022/PN. Niaga Jkt.Pst)

Augustine, Christabella (2024) Analisis Terhadap Pendaftaran Merek Terkenal “Ki Kagon” berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis (Studi Putusan Pengadilan Niaga Nomor 28/Pdt.Sus-HKI/Merek/2022/PN. Niaga Jkt.Pst). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Halaman Depan_Christabella Augustine_205180077.pdf

Download (444kB)
[img] Text
Bab isi_Christabella Augustine_205180077.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (803kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Christabella Augustine_205180077.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text
Lampiran_Christabella Augustine_205180077.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi dalam bidang komunikasi semakin maju. Informasi bisa dengan mudahnya didapatkan melalui sosial media. Salah satunya informasi mengenai pemasaran suatu produk yang tersebar luas. Biarpun begitu, masih banyak ditemukan adanya kecurangan dalam menjalankan usaha. Merek memiliki peranan yang sangat penting karena merek merupakan identitas dari sebuah produk barang dan/atau jasa dari satu perusahaan yang membedakannya dengan perusahaan lain dengan barang dan/atau jasa sejenis. Merek mendapatkan perlindungan hukum jika merek tersebut sudah terdaftar dan pemilik merek diberikan hak eksklusif untuk menggunakan merek tersebut bagi dirinya sendiri ataupun bagi pihak lain atas seizinnya. Dalam mendaftarkan merek harus dilandaskan oleh itikad baik. Itikad baik yang dimaksudkan adalah tujuan seseorang dalam mendaftarkan merek. Jika ditemukan adanya pelanggaran atas merek maupun pelanggaran hak atas merek, dapat diajukan gugatan ke Pengadilan Niaga maupun tuntutan-tuntutan lain ke Pengadilan Niaga. Dalam merek, tidak mengenal adanya tingkat banding melainkan langsung ke upaya hukum kasasi dan peninjauan kembali. Pada penelitian ini jenis penelitian yamg digunakan adalah penelitian yuridis normatif yaitu dengan menggunakan undang-undang. spesifikasi yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu undang-undang, putusan pengadilan, buku melakukan, dan kamus-kamus. Pendekatannya menggunakan pendekatan kasus, undang-undang, dan konseptual. Teknik analisis data yang digunakan yaitu interpretasi sistematis yaitu dengan mengamati dan mengkaji undang-undang. Tujuan dari penelitian ini adalah engetahui bagaimana implementasi itikad baik dalam pendaftaran merek berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis dan mengetahui bagaimana upaya hukum perdata yang dapat dilakukan bila terdapat bukti adanya pelanggaran terhadap pendaftaran merek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. R. Rahaditya S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Merek dagang, Itikad Baik, upaya hukum
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 28 Oct 2024 03:14
Last Modified: 28 Oct 2024 03:14
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/45053

Actions (login required)

View Item View Item