Al Hakim, Habib (2024) Analisis aerodinamika pada pesawat Nirawah MEGANTARA menggunakan metode CFD (TM - 1390). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
|
Text
515200042_HABIB_Cover.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
515200042_HABIB_Pengesahan.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
515200042_HABIB_Daftar Isi.pdf Download (98kB) | Preview |
|
![]() |
Text
515200042_HABIB_Bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
|
![]() |
Text
515200042_HABIB_Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) |
|
![]() |
Text
515200042_HABIB_Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (627kB) |
|
![]() |
Text
515200042_HABIB_Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text
515200042_HABIB_Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
|
|
Text
515200042_HABIB_Daftar Pustaka.pdf Download (201kB) | Preview |
Abstract
Mekanika dasar dari suatu benda yang bergerak melalui fluida menetapkan bahwa suatu benda akan mengalami gaya yang bertindak berlawanan dari arah laju sebagai hasil dari gesekan dengan molekul fluida yang dipindahkan oleh benda tersebut. Fenomena ini dapat menjadi sangat kompleks dan tidak terprediksi ketika diamati dalam pengujian eksperimental. Dengan menggunakan metode numerik dan kemajuan yang tersedia dalam perangkat lunak simulasi fluida, aliran fluida di sekitar suatu benda dapat diamati dengan lebih baik melalui simulasi CFD (Computational Fluid Dynamics). Dalam penelitian ini, karakteristik aerodinamika dari pesawat nirawak "MEGANTARA" telah disimulasikan menggunakan ANSYS Fluent 2023 R2. Dengan variasi kecepatan 22,2 m/s; 27,7 m/s; 33,3 m/s; 38,8 m/s; 44,4 m/s; dan 55,5 m/s yang mewakili kecepatan lepas landas, penerbangan, dan maksimum, yang dimana hasilnya mencakup koefisien angkat, hambatan, dan intensitas turbulensi fluida di sekitar objek. Dari simulasi yang telah dilakukan, terdapat area-area dimana karena bentuk badan pesawat yang kurang optimal dikarenakan adanya sudut tajam yang membuat adanya turbulensi dan naiknya gaya hambatan dan ketidakstabilan dari pesawat. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik atas aliran udara dan dapat menjadi masukan untuk kompetisi di masa yang akan datang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | TDI Family perpus |
Date Deposited: | 04 Jan 2025 10:11 |
Last Modified: | 04 Jan 2025 10:11 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/45363 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |