Motif yang Dimiliki dan Tingkat Kepuasan yang Diperoleh Pendengar Radio Cakrawala FM 9.30 Pada Seluruh Program Acara

Wati, Sanni Hellen (2010) Motif yang Dimiliki dan Tingkat Kepuasan yang Diperoleh Pendengar Radio Cakrawala FM 9.30 Pada Seluruh Program Acara. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
5.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Media Radio merupakan media massa elektronik yang telah ada sejak tahun 1869 hingga sekarang. Namun dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, peminat radio mulai berkurang, tetapi radio tetap merupakan bentuk media massa yang memegang tanggung jawab untuk memenuhi fungsi-fungsi media seperti yang dikemukakan oleh Harold D. Lasswell, yaitu sebagai pengawasan (surveillance) penyediaan informasi tentang lingkungan, penghubungan (correlation) dimana terjadi penyajian pilihan solusi untuk suatu masalah, pentransferan budaya (transmission) adanya sosialisasi dan pendidikan, dan hiburan (entertainment). Radio Cakrawala yang merupakan satu-satunya radio berbahasa pengantar Bahasa Mandarin di Jakarta ditantang untuk dapat memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasan kepada pendengarnya yang tentu juga untuk menjalankan fungsi media yang telah disebutkan sebelumnya, melalui program-program yang disiarkan oleh stasiun Radio Cakrawala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesenjangan tingkat motif yang dimiliki dalam mendengarkan Radio Cakrawala dan kepuasan yang diperoleh setelah mendengarkan Radio Cakrawala bagi pendengar yang bertempat tinggal di wilayah Jakarta Utara. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa total presentase motif yang dimiliki para pendengar Radio Cakrawala sebesar 49,7% sehingga motif yang dimiliki dapat dikatakan cukup tinggi. Sedangkan kepuasan yang diperoleh memiliki total persentase sebesar 50,3% yang berarti kepuasan yang diperoleh pendengar Radio Cakrawala tinggi. Kesenjangan angka mean dari motif dan kepuasan memiliki selisih angka sebesar 1.0, dimana mean motif sebesar 67.78 dan mean kepuasan sebesar 68.78. Ini berarti bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara motif dan kepuasan, sehingga dapat dikatakan bahwa motif dan kepuasan pendengar terpenuhi dengan baik oleh program-program acara di Radio Cakrawala.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 17 May 2017 06:08
Last Modified: 17 May 2017 06:08
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/877

Actions (login required)

View Item View Item