Angelo, Dunstan (2021) Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Eco Riding untuk Pengendara Sepeda Motor Jakarta. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
625170018_Dunstan Angelo_01 Cover.pdf Download (155kB) |
|
Text
625170018_Dunstan Angelo_02 Lembar Pengesahan.pdf Download (171kB) |
|
Text
625170018_Dunstan Angelo_03 Surat Pernyataan.pdf Download (191kB) |
|
Text
625170018_Dunstan Angelo_04 Kata Pengantar.pdf Download (165kB) |
|
Text
625170018_Dunstan Angelo_05 Ucapan Terima Kasih.pdf Download (90kB) |
|
Text
625170018_Dunstan Angelo_06 Daftar Isi, Tabel, Gambar.pdf Download (127kB) |
|
Text
625170018_Dunstan Angelo_07 Abstrak.pdf Download (153kB) |
Abstract
Polusi udara telah menjadi masalah umum di Indonesia selama beberapa dekade, selama bertahun-tahun negara ini dilanda oleh kualitas udara yang tidak sehat yang mempengaruhi warganya; paling menonjol di ibu kota besar seperti Jakarta, Tangerang, dan Bekasi karena kepadatan penduduknya yang tinggi. Pertumbuhan industri, populasi kendaraan, warga negara, dan pembangunan perkotaan yang terus-menerus hanya akan memberikan kontribusi lebih lanjut terhadap masalah polusi yang semakin meningkat di Indonesia. Oleh karena itu, makalah ini bertujuan untuk mengusulkan pengembangan kampanye sosial yang bertujuan untuk mempengaruhi pengendara sepeda motor Jakarta untuk menerapkan teknik Eco Riding dalam kehidupan sehari-hari. Makalah ini berupaya untuk mengusulkan bahwa konsep Eco Riding sebagai solusi yang tepat untuk mengurangi pencemaran kendaraan dan tingkat kecelakaan lalu lintas di Jakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif, dimana data diperoleh melalui studi literatur dan observasi terhadap perilaku mengemudi, preferensi, dan gaya hidup pengendara sepeda motor perkotaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa polusi udara tidak hanya mempengaruhi lingkungan tetapi juga kondisi emosional pengendara sepeda motor yang menyebabkan meningkatnya stres, meningkatkan risiko kecelakaan, dan emisi kendaraan. Agar kampanye ini berhasil Penulis menggunakan komunikasi 5A (Aware, Appeal, Ask, Act, Advocate), yang membantu penulis untuk menempatkan setiap komunikasi visual pada waktu, tempat dan cara yang tepat, sesuai dengan penelitian dan temuan. Kata kunci: Strategi Kreatif, Kampanye, Eco Riding
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain |
Divisions: | Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | TDI Family perpus |
Date Deposited: | 31 May 2021 07:01 |
Last Modified: | 31 May 2021 07:06 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30198 |
Actions (login required)
View Item |