Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Eco Riding untuk Pengendara Sepeda Motor Jakarta

Angelo, Dunstan (2021) Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Eco Riding untuk Pengendara Sepeda Motor Jakarta. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
625170018_Dunstan Angelo_01 Cover.pdf

Download (155kB)
[img] Text
625170018_Dunstan Angelo_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (171kB)
[img] Text
625170018_Dunstan Angelo_03 Surat Pernyataan.pdf

Download (191kB)
[img] Text
625170018_Dunstan Angelo_04 Kata Pengantar.pdf

Download (165kB)
[img] Text
625170018_Dunstan Angelo_05 Ucapan Terima Kasih.pdf

Download (90kB)
[img] Text
625170018_Dunstan Angelo_06 Daftar Isi, Tabel, Gambar.pdf

Download (127kB)
[img] Text
625170018_Dunstan Angelo_07 Abstrak.pdf

Download (153kB)

Abstract

Polusi udara telah menjadi masalah umum di Indonesia selama beberapa dekade, selama bertahun-tahun negara ini dilanda oleh kualitas udara yang tidak sehat yang mempengaruhi warganya; paling menonjol di ibu kota besar seperti Jakarta, Tangerang, dan Bekasi karena kepadatan penduduknya yang tinggi. Pertumbuhan industri, populasi kendaraan, warga negara, dan pembangunan perkotaan yang terus-menerus hanya akan memberikan kontribusi lebih lanjut terhadap masalah polusi yang semakin meningkat di Indonesia. Oleh karena itu, makalah ini bertujuan untuk mengusulkan pengembangan kampanye sosial yang bertujuan untuk mempengaruhi pengendara sepeda motor Jakarta untuk menerapkan teknik Eco Riding dalam kehidupan sehari-hari. Makalah ini berupaya untuk mengusulkan bahwa konsep Eco Riding sebagai solusi yang tepat untuk mengurangi pencemaran kendaraan dan tingkat kecelakaan lalu lintas di Jakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif, dimana data diperoleh melalui studi literatur dan observasi terhadap perilaku mengemudi, preferensi, dan gaya hidup pengendara sepeda motor perkotaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa polusi udara tidak hanya mempengaruhi lingkungan tetapi juga kondisi emosional pengendara sepeda motor yang menyebabkan meningkatnya stres, meningkatkan risiko kecelakaan, dan emisi kendaraan. Agar kampanye ini berhasil Penulis menggunakan komunikasi 5A (Aware, Appeal, Ask, Act, Advocate), yang membantu penulis untuk menempatkan setiap komunikasi visual pada waktu, tempat dan cara yang tepat, sesuai dengan penelitian dan temuan. Kata kunci: Strategi Kreatif, Kampanye, Eco Riding

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain
Divisions: Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 31 May 2021 07:01
Last Modified: 31 May 2021 07:06
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30198

Actions (login required)

View Item View Item