Habib, Muhammad Saleh (2024) Evaluasi desain perkerasan jalan di ruas jalan Saketa-Dahepodo Provinsi Maluku Utara berdasarkan manual desain perkerasan jalan 2017 dan software kenpave (TS - 2654). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
|
Text
325170132_Cover.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
325170132_Pengesahan.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
325170132_Daftar Isi.pdf Download (160kB) | Preview |
|
![]() |
Text
325170132_Bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) |
|
![]() |
Text
325170132_Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
325170132_Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
|
![]() |
Text
325170132_Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
325170132_Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
|
|
Text
325170132_Daftar Pustaka.pdf Download (84kB) | Preview |
Abstract
Ruas jalan Saketa-Dahepodo adalah jalan yang terletak di Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara. Dijalan tersebut mempunyai permasalahan yaitu jalan yang belum memadai seperti sebagian jalan yang masih tanah dasar disepanjang jalan salah satu faktor yang mengancam keberlangsungan fungsi jalan tersebut, sehingga memerlukan perencanaan jalan yang sesuai dan dapat digunakan oleh masyarakat dikawasan wisata dengan aman dan nyaman, Kerusakan pada perkerasan lentur lebih mudah ditangani dibandingkan perkerasan kaku, selain itu perkerasan lentur tidak membutuhkan waktu lama setelah dibangun untuk melayani lalu lintas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2017. Metode ini akan mengevaluasi bagaimana ketebalan perkerasan dan umur rencana yang akan direncanakan berapa tahun kemudian. Ruas jalan yang ditinjau sepanjang 10 km dengan lebar jalan 6,5 m. Perhitungan ini diambil dengan menggunakan data-data yang ada yaitu data CBR (California Bearing Ratio) dan LHR (Lalu Lintas Harian Rata-Rata). Dari perencanaan PUPR Provinsi Maluku Utara ini mendapatkan hasil ketebalan HRS base = 4 cm, LPA kelas A = 12 cm, LPB kelas B, dan Sirtu = 20 cm. Dari hasil penelitian perkerasan eksisting tidak mampu untuk mencapai umur rencana selama 20 tahun dan di dapat tiga skenario perkerasan alternatif agar bisa memenuhi umur rencana selama 20 tahun.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | TDI Family perpus |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 05:18 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 05:18 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/43955 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |